Home » Pelajaran » Ekonomi » Apa yang Dimaksud dengan Permintaan?

Apa yang Dimaksud dengan Permintaan?

apa yang dimaksud dengan permintaan 5152 1

Apa yang dimaksud dengan permintaan? Permintaan adalah proses dalam meminta sesuatu atau sejumlah barang yang dibeli atau diminta dengan harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen terhadap barang dan layanan yang diinginkannya. Kecenderungan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa bersifat tak terbatas. Hal ini dipengaruhi oleh sifat manusia yang tak pernah puas, di sisi lain kebutuhan manusia juga terus bertambah sesuai dengan perkembangan zaman.

Apa yang dimaksud dengan permintaan?

Permintaan merupakan sejumlah barang dan layanan yang diinginkan dan dapat dibeli oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya berdasarkan rentan harga waktu, dan lokasi tertentu. Biasanya, permintaan tinggi akan mempengaruhi harga. Sebaliknya, permintaan yang rendah juga membuat harga lebih rendah.

Hukum permintaan

Hukum permintaan adalah undang-undang yang menjelaskan hubungan antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta dan ketersediaannya. Jika harga naik, jumlah barang yang diminta akan berkurang, dan jika harganya turun maka jumlah barang yang diminta akan meningkat. Hukum permintaan tidaklah mutlak, tetapi memiliki sifat absolut.

Faktor yang mempengaruhi permintaan

Setelah mengetahui apa itu permintaan, tentunya kamu perlu memahami beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan. Permintaan terdiri dari:

1. Harga barang itu sendiri

Definisi harga barang, berarti jika harga meningkat, permintaan akan turun, sebaliknya jika harga barang turun, permintaan akan naik.

2. Harga barang lain yang terkait

Secara umum, barang-barang konsumen memiliki penggunaan yang saling terkait bersama barang lainnya. Penggunaan yang saling berhubungan antara barang-barang konsumsi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu menggantikan (substitusi) dan melengkapi (komplementer).

3. Jenis barang

Jenis barang dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu barang atau barang normal yang telah meningkat permintaan sebagai akibat dari peningkatan pendapatan. Kedua, barang inferior, yaitu barang yang secara luas diminta oleh orang-orang yang berpenghasilan rendah. Jika pendapatan masyarakat tinggi, maka permintaan pada barang-barang inferior akan berkurang.

Jenis barang ketiga adalah barang-barang penting, yaitu barang yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Barang-barang ini tidak akan berubah walaupun pendapatan masyarakat meningkat. Jenis barang keempat adalah barang-barang mewah, yaitu barang-barang yang diminta oleh seseorang yang memiliki penghasilan relatif tinggi.

4. Jumlah populasi

Pertumbuhan populasi biasanya diikuti oleh berkembangnya peluang kerja yang menyebabkan permintaan juga meningkat. Artinya, lebih banyak orang yang mendapat pendapatan maka hal itu bisa meningkatkan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa tersebut. Sehingga permintaan pun juga akan meningkat.

5. Selera konsumen

Peningkatan selera konsumen dari suatu barang bisa menghasilkan naiknya permintaan barang tersebut. Demikian juga, jika selera konsumen pada barang tersier menurun, maka permintaan juga akan berkurang.

6. Penghasilan masyarakat

Tingkat pendapatan konsumen bisa menunjukkan daya beli konsumen suatu daerah atau negara. Semakin tinggi tingkat pendapat seseorang, semakin tinggi juga jumlah permintaan pada barang tersebut.

7. Ekspektasi masyarakat

Ekspektasi masyarakat pada harga barang tertentu dapat meningkat di masa depan Sehingga, ada dorongan pada diri mereka untuk membeli atau menimbun barang hari ini untuk menghemat biaya di masa depan. Serta mendapat harga yang lebih murah, jika mereka membelinya di masa ini.

Nah, itulah jawaban dan penjelasan dari pertanyaan mengenai apa yang dimaksud dengan permintaan?