Home » Pelajaran » Ekonomi » Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi 5181

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? – Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan barang dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan bertukar atau menukarnya dengan mata uang.

Dengan kata lain, kegiatan ekonomi dilakukan oleh seseorang ataupun kelompok dengan tujuan mendapatkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Salah satu contoh kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut: Budi menjual bubur ayam kepada para pelanggannya. Sebagai imbalannya, Budi mendapat uang dan uang tersebut akan digunakan Budi untuk membeli kebutuhan pokok dan memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Pada dasarnya, kegiatan ekonomi manusia di zaman kuno adalah barter atau bertukar barang. Nelayan bertukar ikan tangkapannya dengan nasi yang dipanen petani. Nelayan tentu tidak bisa menanam beras di pantai. Demikian juga, petani yang berada di pegunungan, tidak bisa menangkap ikan.

Jadi pertukaran ikan dan nasi membuat petani dan nelayan mendapatkan barang yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Membawa barang untuk ditukar, tentu merepotkan. Hingga akhirnya orang-orang terdahulu sepakat untuk menggunakan mata uang untuk bentuk transaksi pertukaran. Tempat untuk bertemu satu sama lain, kemudian disebut dengan pasar.

Saat ini, di era modern transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang digital. Tanpa uang koin atau kertas, kamu bisa mendapatkan barang dan jasa dengan transaksi elektronik.

Contoh 3 kegiatan ekonomi

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka proses pertukaran barang dengan jasa dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, orang-orang bekerja dengan berbagai cara. Misalnya, nelayan menangkap ikan. Petani menanam tanaman. Peternak beternak ayam, kambing, dan berbagai jenis hewan lainnya.

Ada banyak kegiatan ekonomi seperti perikanan, industri, konstruksi, kehutanan, ternak, pertambangan, layanan dan sebagainya. Kegiatan itu diklasifikasikan menjadi 3 bidang yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Berikut ini adalah penjelasan 3 kegiatan ekonomi:

Kegiatan produksi

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan atau jasa dan menambah nilai barang dan jasa tersebut.

Petani menanam padi, merawatnya dengan memberikan pupuk, sampai memanen beras. Kemudian memproses gabah dari padi yang ditanamnya menjadi beras. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan produksi. Pengrajin bisa membuat kursi dan meja dengan cara mengolah kayu hingga menjadi barang tersebut. Aktifitas ini juga disebut dengan kegiatan produksi.

Kegiatan produksi tidak hanya menghasilkan barang. Tetapi juga layanan atau jasa. Guru, penerjemah, dosen, pengacara adalah contoh kegiatan jasa atau layanan. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Kegiatan distribusi

Barang dan jasa yang diproduksi harus didistribusikan ke pasar atau penggunanya langsung. Beras yang diproduksi oleh petani di pedesaan, juga harus dibawa ke kota untuk dijual kepada penduduk kota. Begitu juga ikan yang ditangkap oleh nelayan, tentu saja harus dibawa ke pasar.

Aktivitas penyaluran atau distribusi barang disebut dengan kegiatan distribusi. Orang, kelompok, atau institusi yang melaksanakan distribusi disebut distributor. Kegiatan distribusi juga termasuk mengelola gudang sementara dimana barang dari pabrikan disimpan terlebih dahulu sebelum dikirimkan kepada pengguna.

Kegiatan konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan untuk mengurangi nilai barang atau jasa. Misalnya, produksi beras petani dibeli oleh keluarga 10 kilogram dan diolah menjadi beras. Hasil produksi menurun melalui konsumsi keluarga.

Para pelakunya bisa dalam bentuk orang, kelompok atau lembaga yang melaksanakan kegiatan konsumsi. Orang-orang ini disebut sebagai konsumen. Konsumen sendiri beraneka ragam, termasuk rumah tangga, pemerintah dan perusahaan industri.

Apa tujuan melakukan kegiatan ekonomi?

Ketika seseorang mengambil tindakan ekonomi, tentu ada tujuan yang harus dicapai. Berikut adalah beberapa tujuan kegiatan ekonomi:

  1. Untuk memilih produk atau layanan yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
  2. Untuk mengidentifikasi perbedaan kualitas barang dan jasa yang akan digunakan
  3. Untuk memilih kebutuhan mana yang lebih prioritas atau penting
  4. Untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari pilihan yang telah dibuatnya

Apa saja jenis kegiatan ekonomi?

Sehubungan dengan jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan, ekonomi dapat dibagi menjadi tiga atau lima sektor besar. Berikut ini beberapa pemaparannya:

1. Sektor Primer

Sektor utama atau primer, adalah sektor ekonomi besar yang melibatkan produksi atau bahan baku. Kegiatan ekonomi ini meliputi pertanian (komersial dan subsisten), kehutanan, pertambangan, penggembalaan, peternakan, dan penggalian.

Pemrosesan bahan baku dan kemasan juga termasuk dalam sektor ini. India adalah negara yang memiliki porsi terbesarnya dalam hal populasi manusia yang bergerak di sektor primer, terutama pertanian.

2. Sektor sekunder

Sektor ini adalah sektor ekonomi yang melibatkan produksi barang jadi dari bahan baku yang dipasok oleh sektor primer. Sektor ini melibatkan semua pekerjaan manufaktur, pemrosesan dan konstruksi ekonomi.

Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan sektor ini termasuk peleburan, pengerjaan logam, produksi tekstil dan mobil, pekerjaan konstruksi, bekerja di industri kimia dan teknik, dll. Sektor ini mempekerjakan campuran pekerja yang terorganisir dan tidak terorganisir.

3. Sektor tersier

Sektor tersier sebagian besar merujuk pada industri jasa. Di sektor ini, kegiatan ekonominya mencakup penjualan barang yang diproduksi oleh sektor sekunder, dan menyediakan layanan komersial kepada masyarakat umum dan sektor ekonomi lainnya.

Kegiatan yang dilakukan di sektor tersier termasuk penjualan grosir dan ritel, bisnis restoran, distribusi dan transportasi barang dan jasa.

Meskipun tiga klasifikasi di atas sudah mencakup keseluruhan sektor dalam suatu ekonomi negara, beberapa negara juga mencakup bagian lainnya seperti yang disebutkan dibawah ini.

4. Sektor kuartal

Terkait erat dengan sektor tersier, bisnis di bawah sektor ini yang lebih merujuk pada kegiatan intelektual yang terkait dengan inovasi teknologi. Beberapa jenis kegiatan terkait sektor ini, antara lain teknologi informasi, penelitian, pendidikan, budaya, perpustakaan, dan lainnya.

5. Sektor kuiner

Sektor ini terdiri dari eksekutif dan profesional yang terlibat dalam pekerjaan pemerintahan, universitas, sains, budaya, perawatan kesehatan, dan lainnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dan beberapa contohnya.