Apa yang Dimaksud dengan Iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan – Iklan tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat luas. Iklan sering muncul di berbagai media, baik televisi, radio, surat kabar, majalah, media online, hingga baliho di sepanjang jalan besar yang biasa ramai dilalui.

Bagi kamu yang sering mengakses media mainstream, seperti televisi contohnya, pastinya sering disuguhkan commercial break atau iklan selama program tersebut berlangsung. Tidak hanya televisi, new digital media, seperti website dan platform streaming juga menyediakan slot iklan di platform milik mereka.

Meski terlihat berbeda, tujuan iklan keduanya tentu sama saja. Yang membedakannya hanya platform media dan jenis yang digunakan. Berbicara mengenai iklan, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan iklan itu?

Apa yang dimaksud dengan iklan

Iklan adalah bentuk atau upaya mempromosikan barang dan jasa dengan memanfaatkan media tertentu agar bisa mendorong ketertarikan dan keterlibatan audiens, sehingga melakukan pembelian pada produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.

Iklan juga bisa diartikan sebagai pesan yang disampaikan ke publik dengan tujuan mempengaruhi keputusan khalayak untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu.

Fungsi iklan

Pemilihan media dalam iklan juga tidak bisa dilakukan sembarang, melainkan harus mempertimbangkan siapa targetĀ  audiensnya. Selain itu, ada beberapa pertimbangan penting lainnya yang harus dipikirkan.

Penting untuk melibatkan kreativitas dalam pembuatan iklan. Hal tersebut dapat mempengaruhi efektivitas iklan dan merek produk tersebut. Jika dijabarkan, maka iklan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Membujuk audiens untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa
  2. Memberikan informasi terkait produk atau jasa
  3. Membuat publik mengingat produk atau jasa yang diiklankan
  4. Mempengaruhi pandangan konsumen atau membangun kesadaran merek

Jenis-jenis iklan

Iklan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

1. Iklan komersial

Iklan jenis ini bertujuan mempromosikan agar orang mau membeli atau menggunakan jasa yang diiklankan.

2. Iklan non-komersial

Iklan ini ditujukan kepada khalayak untuk memberikan informasi, edukasi, imbauan, dan sosialisasi program pemerintah.

Sementara itu, berdasarkan jenis, iklan dibagi menjadi dua, yaitu iklan cetak dan iklan elektronik.

1. Iklan media cetak

Iklan ini dibuat dengan cara dicetak. Iklan jenis ini contohnya seperti koran, majalah, poster, baliho, stiker, dan sebagainya.

2. Iklan Media elektronik

Iklan ini memanfaatkan media elektronik untuk menyebarkan pesannya, contoh jenis iklan ini seperti televisi, radio, atau media sosial.

Pemilihan media dalam iklan

Pemilihan atau perencanaan media merupakan serangkaian kegiatan yang ditujukan sebagai proses penyampaian pesan komunikasi atau promosi kepada calon pembeli atau konsumen. Media dalam proses komunikasi merupakan alat di mana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan. Media dalam strategi komunikasi adalah salah satu unsur pokok yang bisa menunjang keberhasilan proses komunikasi.

Menentukan media yang hendak digunakan adalah salah satu strategi yang wajib dilakukan untuk dapat mengidentifikasi mana media apa yang paling efektif dan efisien untuk digunakan. Pentingnya pemilihan dan perencanaan media komunikasi di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Banyaknya media yang dapat digunakan sebagai media komunikasi
  2. Setiap media memiliki sifat dan karakteristik media
  3. Perubahan karakteristik khalayak media
  4. Adanya konsekuensi biaya yang harus dibayarkan
  5. Adanya perbedaan karakteristik audiens

Strategi komunikasi merupakan bagian dari perencanaan untuk memilih media yang paling tepat, serta melihat media yang paling sesuai sebagai alat untuk menyampaikan pesan. Dalam kaidah ini, tentu membutuhkan pendekatan komunikasi pemasaran dan periklanan agar memudahkan seseorang untuk melakukan klasifikasi media berdasar kebutuhan pesan, promosi, ataupun program komunikasi yang dijalankan. Berikut pembagian media dalam strategi komunikasi:

Above the Line (ATL), yaitu media utama yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau promosi. Media ini disebut utama karena berorientasi pada media massa yang sifatnya masif. Media ini meliputi Iklan media cetak (majalah, koran dan tabloid), iklan radio, Iklan televisi, media luar ruang (billboard dan ultravision), hingga iklan internet.

Below the Line (BTL), yaitu media pendukung dalam menyampaikan pesan dari sebuah program komunikasi maupun iklan pemasaran produk dan jasa. Media ini sifatnya lebih personal dan tidak semasif media ATL. Media lini bawah biasanya dipakai untuk mendukung media lini atas.

Media BTL bisa berupa kalender, brosur, poster, leaflet, spanduk, kaos, pin, poster, katalog, banner, booklet, dan sebagainya. Penggunaan media lini atas dan media lini bawah biasanya digunakan secara bersamaan. Artinya komunikasi pada media lini atas dan media lini bawah saling mendukung dan dapat saling menguatkan pesan yang disampaikan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan iklan? Kesimpulan sederhanya, iklan adalah media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, jasa, maupun himbauan kepada masyarakat luas.