Home » Pelajaran » Ekonomi » Apa Saja Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan?

Apa Saja Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan?

Apa saja kegiatan ekonomi di kabupaten tabanan? Tabanan adalah sebuah kabupaten dengan luas terbesar kedua di Bali, yaitu memiliki luas 14,90% (839,33 km2) dari keseluruhan luas wilayah Bali. Tabanan memiliki kondisi geografis yang beragam, mulai dari sawah, dataran tinggi dan daerah pesisir. Pada dasarnya, kabupaten ini memiliki tanah yang cukup subur dan kaya akan sumber daya alamnya.

Apa saja kegiatan ekonomi di kabupaten tabanan?

28% dari wilayah Tabanan adalah sawah yang subur. Sehingga tidak mengherankan, jika Tabanan dijuluki “lumbung padi” dari Bali, karena merupakan produsen beras terbesar di Bali.

Bidang Produksi

Selain penghasil beras terbesar, kegiatan ekonomi lainnya di Kabupaten Tabanan adalah sebagai berikut.

Nelayan

Selain sumber daya alam yang dihasilkan dari bidang pertanahan, sektor perikanan juga memiliki keanekaragaman hayati di wilayah tersebut, yaitu berupa ikan yang melimpah. Dengan demikian, warga Tabanan cukup banyak bekerja sebagai nelayan.

Restoran

Bila dilihat dari sisi ini restoran merupakan peran penting dalam menunjang sektor pariwisata di kabupaten Tabanan. Restoran dapat berfungsi sebagai produser, karena makanan yang dijual ditujukan untuk khalayak umum seperti turis asing maupun domestik.

Selain itu, jika dilihat dari peran restoran lainnya yang juga membeli bahan pokok untuk keperluan memasak, maka restoran tersebut bisa dikatakan sebagai konsumen, Mengingat restoran juga membeli berbagai produk dari produsen dan pedagang langsung.

Bidang Distribusi

Kegiatan ekonomi di Tabanan, terutama di sektor distribusi bisa dilihat dalam bentuk profesi masyarakatnya yang juga sebagai pedagang. Semua orang dapat melakukan perdagangan satu atau lebih jenis barang, sehingga ruang lingkup pedagangnya cukup luas.

Bidang konsumsi

Masyarakat asli atau lokal apa saja kegiatan ekonomi di kabupaten tabanan.

Masyarakat lokal diklasifikasikan sebagai konsumen dari barang yang diproduksi oleh produsen dan dikonsumsi melalui distributor barang.

Masyarakat asing

Pulau Bali banyak dikunjungi wisatawan asing, sehingga sudah menjadi rahasia umum akan daya tarik pulau ini. Tidak sedikit di Kabupaten Tabanan sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri.

Sektor pariwisata

Kabupaten Tabanan memang memiliki sejumlah objek wisata yang sangat populer, seperti Danau Beratan Bedugul dan Jatiluwih.

Ketika kamu mengunjungi Bali dan berkunjung di Tabanan, daerah wisata tersebut tentunya wajib masuk ke dalam agenda kunjungan kamu. Hal ini tidak lain karena keindahan eksotisnya yang bisa membuat bidang pariwisata di daerah ini terkenal.

Kegiatan ekonomi di Tabanan begitu beragam. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kekayaan sumber daya alam di dalamnya yang dikelola dan dirawat oleh masyarakat sekitar.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa saja kegiatan ekonomi di kabupaten tabanan?