Home » Pelajaran » Sosiologi » Apa Perbedaan antara Asimilasi dan Akulturasi, Ini Jawabannya

Apa Perbedaan antara Asimilasi dan Akulturasi, Ini Jawabannya

Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi

Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi, ini jawabannya. Akulturasi dan asimilasi adalah suatu bentuk interaksi sosial yang asosiatif. Budaya terus berubah seiring dengan perkembangan zaman.

Tentunya kita tidak bisa menahan jika budaya baru masuk ke dalam budaya asli kita sendiri. Oleh karena itu, kita tidak dapat mencegah apabila budaya baru masuk. Nah, proses masuk dan asimilasi budaya bisa terjadi secara akulturasi dan asimilasi

Pengertian akulturasi dan asimilasi

Meski sudah akrab dengan istilah di atas masih banyak yang tidak bisa membedakan antara keduanya. Hal ini karena keduanya memiliki arti hampir sama namun berbeda. Lalu apa perbedaan antara akulturasi dengan asimilasi?

Pengertian akulturasi

Akulturasi adalah salah satu situasi di mana unsur-unsur budaya asing diterima dan dimasukkan ke dalam budaya kita sendiri. Masuknya budaya asing ke dalam budaya itu sendiri terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu.

Namun dalam proses asimilasi tersebut, budaya baru akan disesuaikan dengan budaya asli sehingga budaya asli itu tetap dan tidak hilang.

Pengertian asimilasi

Asimilasi adalah perubahan budaya asli dan budaya baru atau budaya asing dan telah mempengaruhi budaya asli. Sehingga asimilasi merupakan perpaduan antara dua budaya, yaitu budaya asing dan budaya asli sendiri yang akhirnya menghasilkan budaya baru.

Sehingga, masyarakat tidak lagi membedakan antara budaya asing dan budaya asli.

Dapat dikatakan bahwa tidak ada kesenjangan antara budaya asing dan budaya asli. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa akulturasi dan asimilasi sangat berbeda.

Perbedaan antara Akulturasi dan Asimilasi

Perbedaan akulturasi dan asimilasi adalah jika akulturasi menerima budaya baru tidak menghilangkan budaya sendiri. Sementara asimilasi adalah untuk menggabungkan antara dua budaya yang berbeda, atau budaya asli dan budaya asing, sehingga memunculkan budaya baru yang berupa percampuran antara dua budaya.

Bagaimana? di sini sudah jelas bukan mengenai apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?