Apa Manfaat Hidup Rukun bagi Masyarakat di Indonesia

Apa manfaat hidup rukun – Hidup rukun memang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Apalagi, Indonesia memiliki keberagaman budaya dari suku dan bangsa yang berbeda pula.Pastinya akan sedikit sulit untuk bisa hidup rukun. Namun, bukan berarti kita tidak bisa hidup rukun. Salahnya kita, yaitu tidak mau mencoba untuk saling menghormati sehingga kerukunan antar masyarakat bisa terjalin dengan baik.

Apa manfaat hidup rukun?

Hidup rukun tak hanya berlaku di masyarakat saja. Di lingkungan terkecil, misalnya di sekolah atau di rumah pun kita diwajibkan untuk hidup rukun. Lantas, apa manfaat hidup rukun itu? Berikut ini ulasannya.

1. Dapat saling membantu mencari solusi dan memecahkan masalah

Kerukunan antar individu akan menciptakan perilaku yang saling membantu dalam memecahkan masalah. Masing-masing individu memang memiliki kepentingan masing-masing, namun jika kita bekerja sama dan hidup rukun maka untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan masalah akan sangat mudah.

2. Memperluas hubungan antar sesama

Manfaat kedua dari hidup rukun adalah untuk memperluas hubungan antara satu sama lain. Interaksi antara hubungan manusia akan dibentuk dengan baik dengan menurunkan keegoisan mereka.

3. Membuat hidup lebih tenang dan damai

Hidup dalam damai akan menciptakan kehidupan yang harmonis di antara masing-masing individu dan masyarakat. Jika bisa saling menghormati satu sama lain, maka kita akan lebih mudah menghormati perbedaan masing-masing dan memahami diri kita masing-masing sehingga tidak akan memaksa kehendak yang bisa membuat masalah serta konflik.

4. Membuat perdamaian

Manfaat hidup rukun adalah membuat suasana lebih damai, karena setiap indivdu akan dapat saling menghormati dan menghargai setiap individu yang berbeda.

5. Komunikasi dan sosialisasi tercipta lebih baik

Damai akan menciptakan interaksi yang baik itulah yang membuat komunikasi masing-masing individu lebih mudah terjalin.

6. Hindari Masalah dan konflik

Karena komunikasi yang baik dijalankan akan mengurangi keegoisan masing-masing individu. Mak kita akan lebih mudah untuk saling menghargai dan menghormati dan akan menyelesaikan masalah timbul dengan musyawarah secara tenang dan damai.

Manfaat lain dari hidup rukun lainnya antara lain:
1. Menambah kemajuan bangsa
2. Hargai perbedaan
3. Mendukung pencapaian tujuan bersama
4. Merangsang potensi masing-masing individu
5. Ciptakan suasana yang nyaman
6. Buat suasana yang kondusif
7. Mempererat hubungan kekerabatan
8. Menghilangkan egoisme
9. Jauhkan sifat chauvinisme
10. Meningkatkan kesejahteraan
11. Jauhkan dari sifat rasis

Nah, itulah beberapa manfaat hidup rukun.

Tinggalkan komentar