Apa Itu Telemarketing, Berikut Proses dan Contoh Script-nya

Beranda » Apa Itu Telemarketing, Berikut Proses dan Contoh Script-nya

Dibanding pemasaran online, telemarketing mungkin kurang begitu populer.

Cakupan pemasaran online yang luas, dianggap lebih mudah menjangkau audiens.

Namun, tidak semua audiens potensial sudah terkoneksi dengan media online. Khususnya, audiens berusia lanjut.

Untuk itu, pemasaran dengan telemarketing juga dibutuhkan.

Apa itu telemarketing?

Telemarketing adalah bagian dari pemasaran langsung menggunakan jaringan line telepon.

Melakoni pekerjaan sebagai telemarketer, tentu dituntut tidak hanya pandai dalam hal berbicara.

Namun, juga memiliki kemampuan intonasi suara yang baik, ramah dan terpenting persuasif.

Langkah melakukan telemarketing

Jika melihat definisi telemarketing secara luas, tentu teknik pemasaran ini tidak hanya sekedar menjual via telepon saja.

Lebih dari itu, telemarketing merupakan sebuah proses.

Maka, setiap orang yang ingin melakukan telemarketing, harus memahami tujuan dan produk knowledge terlebih dahulu.

Tidak hanya berbicara, mereka juga harus membuat konsumen memahami produk yang ditawarkan secara jelas.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini proses melakukan telemarketing.

Mengetahui tujuan telemarketing

Pastikan mengetahui apa tujuan yang ingin dicapai.

Apakah ingin melakukan promosi, mencari potensi produk baru, atau mencapai target penjualan.

Jika ada beberapa tujuan, maka prioritaskan mana yang menjadi tujuan utama.

Sebagai contoh, ada beberapa perusahaan yang menggunakan telemarketing sebagai media menawarkan dan menjual produk.

Ada pula yang memanfaatkannya sebagai media untuk melakukan follow up saja.

Untuk itu, tentukan apa tujuan telemarketing tersebut.

Menghubungi konsumen yang tepat

Pastikan telah menyeleksi calon konsumen potensial.

Telemarketers harus menyeleksi mana saja calon konsumen yang kemungkinan besar akan menjadi konsumen.

Pastikan telah memiliki informasi yang akurat mengenai calon tersebut, seperti profil ekonomi, demografis dan informasi yang berhubungan lainnya.

Usahakan informasi itu juga berguna untuk aktivitas pemasaran lainnya, seperti untuk tujuan cross selling.

Dengan melakukan seleksi di awal, tentu akan lebih mudah menemukan calon konsumen potensial.

Tingkatkan kualitas database

Salah satu hal terpenting ketika melakukan telemarketing, yaitu mempersiapkan database yang lengkap dan up to date.

Membangun database serinci dan up to date mungkin akan membantu kita mengetahui produk mana yang sesuai dengan calon konsumen yang kita hubungi.

Pastikan merekam informasi dari setiap panggilan

Dengan cara ini, kita dapat mereview kembali feedback dan apa saja kekurangan produk yang kita tawarkan.

Buat percakapan senatural mungkin

Terlalu memaksakan telemarketers mengikuti script penawaran ternyata bisa membuat komunikasi tidak efektif.

Percakapan efektif adalah komunikasi yang natural dan bisa membuat suasana lebih rileks.

Yang terpenting, maksud dan tujuan telemarketing dilakukan bisa tersampaikan dengan baik.

Evaluasi kegiatan telemarketing

Dalam setiap strategi pemasaran, evaluasi dapat membantu menguji dan mengidentifikasi keberhasilan.

Feedback dan hasil yang didapat akan membantu mengoreksi mana saja poin yang kurang optimal.

Poin-poin ini dapat membantu kita mengevaluasi KPI yang telah ditetapkan.

Selain itu, juga untuk melihat seberapa besar persentase target penjualan dan hal-hal apa saja yang membuat konsumen menolak.

Walaupun telemarketing kalah pamor dengan trend pemasaran online, namun telemarketing lebih efektif digunakan ketika kita membutuhkan pendekatan personal secara langsung.

Contoh script percakapan telemarketing

Merencanakan script percakapan ketika menjalankan telemarketing tentu sangat penting.

Hal-hal sederhana seperti memperkenalkan diri dan mengucapkan kata terima kasih saat percakapan selesai juga cukup berpengaruh.

Berikut beberapa contoh script percakapan telemarketing yang bisa dicoba.

Script telemarketing asuransi

“Hallo ibu Ani, apa kabar , bagaimana kabar ibu, apakah baik-baik saja?
Ngomong-ngomong, terima kasih telah memakai produk/layanan kami. Saat ini kami baru me-launch layanan terbaru yang barangkali bermanfaat untuk perusahaan ibu, apakah saya dapat menjelaskannya sekarang?”

Itu hanya salah satu contoh. Tentu pembahasan dan kalimatnya bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Dalam menjalankan telemarketing, telemarketers harus kreatif membangun pembicaraan.

Buatlah suasana dan komunikasi terjalin lebih akrab.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh pembicaraan telemarketing yang bisa dijadikan referensi.

Script offering telemarketing personal loan kartu kredit

“Sebagai penghargaan karena ibu telah menggunakan kartu kredit kami selama 2 tahun, maka perusahaan kami ingin memberikan apresiasi dalam bentuk cicilan tetap dengan bunga mulai dari 0.9999999%, tanpa potongan apapun”

Kira-kira, begitulah salah satu contoh script offering percakapan telemarketing kartu kredit untuk produk personal loan.

Script telemarketing untuk produk asuransi Kesehatan

“Untuk memproteksi diri ibu dan keluarga, kami memberikan penawaran layanan kesehatan khusus bagi nasabah kami dan keluarga. Layanan asuransi ini dapat ibu pakai di rumah sakit manapun, dengan premi cukup dengan 300 ribu Rupiah perbulan untuk semua anggota keluarga. Dengan nilai klaim hingga 5 juta perhari!

Script tersebut adalah salah satu contoh percakapan telemarketing untuk produk asuransi kesehatan. Keterampilan intonasi berbicara jelas, dengan tempo yang baik ternyata bisa mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan sikap.

Contoh script telemarketing lainnya juga bisa dilakukan melalui penekanan promo atau harga murah sebagai cross selling.

“Kami berikan bonus tambahan bagi ibu yang telah setia memakai kartu kredit kami, untuk itu, ibu dan beserta keluarga akan kami cover dengan perlindungan asuransi DBD sekitar satu tahun. penawaran ini adalah bonus khusus dari kami. Ibu lumayan membayar 1x saja dan itu pun cukup hanya dengan 50 ribu Rupiah”

Script telemarketing asuransi pendidikan

Contoh lainnya misalkan percakapan telemarketing asuransi pendidikan.

“Sebagai kepedulian kami akan edukasi putra-putri ibu, kami mendukung tunjangan biaya pendidikan putra-putri ibu dengan fasilitas asuransi pendidikan dengan nilai pertanggungan hingga 200 juta rupiah, dengan premi hanya 500 ribu Rupiah perbulannya”

Script percakapan telemarketing kartu kredit

“Untuk kenyamanan ibu dalam menjalankan setiap transaksi, ibu tak perlu cemas bila berhalangan dalam melakukan pembayaran tagihan, sebab setiap keterlambatan pembayaran tagihan bakal kami cover dengan asuransi kredit yang tidak dikenakan beban biaya premi jika tak ada tagihan pada kartu kredit ibu.”

Atau

“Sebagai bonus tambahan, untuk ibu, maka kami juga akan memberikan hadiah spesial berupa kartu kredit ekstra secara Cuma-cuma, bebas iuran tahunan selamanya, yang dapat ibu berikan untuk suami atau putra-putri tercinta.”

Script percakapan telemarketing take over kredit

“Sebagai penghargaan untuk ibu yang telah memakai kartu kredit kami, maka kami memberikan perlindungan tagihan kartu kredit ibu di bank lain. Jadi ibu tak perlu repot membayar banyak tagihan, dan cukup hanya dengan satu kartu saja.”

Pada dasarnya telemarketing tidak hanya sekedar berbicara dan menawarkan produk semata. Melainkan, sebagai proses dari sebuah teknik pemasaran.

Dengan memahami contoh percakapan telemarketing di atas, semoga para telemarketers bisa mengembangkan komunikasi mereka lebih baik, baik dalam berbicara maupun menjual.

Scroll to Top