Apa itu Pekerja Kreatif? Apa saja Syarat yang Harus Dimilikinya?

Apa itu pekerja kreatif? Dalam dunia periklanan, perencanaan adalah tahap awal yang sangat menentukan. Fungsi ini akan menjadi dasar penerapan taktik strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Perencanaan juga bertujuan agar proses branding dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Akan banyak sekali pertimbangan seorang pekerja kreatif ketika menjalankan sebuah project campaign. Konsep bukan hanya sebatas “out of the box” saja, tetapi juga kesesuaian dengan karakteristik produk dan target market yang ditujunya.

Peran pekerja kreatif dapat dikatakan sangat vital. Seorang pekerja kreatif akan menjadi strategis, pemikir kritis sekaligus peneliti perilaku pasar. Pada tahap awal ia akan memulai dengan mengidentifikasi target potensial dan menentukan bagaimana membangun brand awareness di segmen pasar tersebut.

Hal itu dilakukan dengan cara menciptakan nilai sebuah brand kedalam mindset khalayak yang ditujunya. Nilai yang diciptakan berupa konsep unik bisa berupa slogan, tagline dan lainnya. Konsep tersebut akan disematkan dan melekat ke dalam produk. Pada proses ini, ia akan dibantu oleh copywriter. Tugas copywriter adalah membuat iklan menjadi lebih persuasif dan menarik.

Lihat, bagaimana slogan “Seleraku” dapat melekat dengan baik di mindset pasar Indonesia. Tanpa perlu menyebutkan nama, kita sudah tau produk apa yang dimaksud. Konsep bukan sebatas kreatifitas saja, namun juga harus tersegmentasi dengan baik. Itulah mengapa kreativitas dan pengamatan akan menjadi alat atau senjata utama mereka.

Pekerja kreatif merupakan posisi yang sangat penting. Banyak perusahaan advertising yang menempatkan posisi ini kepada orang yang dianggap berpengalaman.Mendapatkan konsep idea yang komprehensif untuk strategi periklanan yang dijalankannya.

Konsep tersebut harus dengan pertimbangan dari berbagai analisis, termasuk demografi, sosial ekonomi dan tren pasar saat ini.

Menjalankan dan bertanggung jawab terhadap tim riset penelitian. Penelitian bisa saja kualitatif maupun kualitatif. Riset dilakukan dengan menggunakan berbagai data analisis dan riset pasar. Termasuk memahami keputusan membeli konsumen.

Mereka juga memantau tren budaya, sosial dan dampaknya terhadap sikap, perilaku dan persepsi konsumen.

Syarat seorang pekerja kreatif

Kemampuan riset dan keterampilan berpikir analitis. Mereka juga harus dapat berpikir kreatif dan mampu memecahkan masalah yang terjadi pada kampanye tersebut.

Kemampuan mengolah informasi dan angka juga menjadi poin penting seorang pekerja kreatif. Kemampuan itu digunakannya untuk bahan pertimbangannya dalam mengambil langkah dan keputusan yang tepat.

Bukan hanya itu, tantangan dan tugas sesungguhnya yaitu mampu menjalankan kampanye sesuai waktu dan gol yang disepakati dengan kliennya. Dan, sanggup mempertanggungjawabkan keseluruhan hasil kampanye tersebut. Bagaimana menurut kamu?

Tinggalkan komentar