Home » Pelajaran » Kewarganegaraan » Apa Arti Penting Hukum dalam Mewujudkan Keadilan? Ini Jawabannya

Apa Arti Penting Hukum dalam Mewujudkan Keadilan? Ini Jawabannya

Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan

Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan. Pada kesempatan kali ini kita akan berbicara mengenai topik hukum dan keadilan. Topik ini memang masih hangat dibicarakan karena hukum dan keadilan yang ada di Indonesia belum sepenuhnya didirikan secara adil dan sesuai kaedahnya.

Nah, apabila kamu mendapat pertanyaan mengenai:

Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan?

Maka jawabannya adalah?

Hukum sendiri digunakan sebagai pondasi yang memastikan jika semua peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan dan disetujui susunya oleh masyarakat telah terlaksana dengan baik. Hukum juga berperan sebagai pengawal yang mematikan jika masyarakat telah menjalankan setiap hak dan kewajibannya dengan baik sesuai dengan proporsi dan perannya masing-masing.

Sedikit penjelasan mengenai arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan

Indonesia adalah negara hukum, dinyatakan dalam Pasal 1 ayat 3 dalam UU 1945. Artinya, segala sesuatu tindakan yang baik dan pembentukan lembaga-lembaga negara sesuai dengan hukum, sehingga menjamin kehidupan bangsa dan bernegara dengan lebih dari adil.

Hukum adalah aturan yang dibentuk sebagai norma-norma yang diciptakan oleh aturan yang berlaku untuk semua orang yang bertujuan untuk mencapai dan mempertahankan tatanan yang harmonis hidup bersama-sama. Tanpa norma, akan ada penyimpangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Hukum negara mengandung tiga unsur utama, yaitu aturan hukum, persamaan di depan hukum, dan jaminan hak asasi manusia. Dengan demikian, norma-norma hukum juga memiliki peran yang besar untuk mengikat dan memaksa semua warga negara dan pejabat negara untuk mematuhi hukum.

Tujuannya adalah untuk mencapai keadilan bagi semua orang. Persamaan normal dan hukum lainnya sepenuhnya diatur ketertiban masyarakat, sementara pelanggarnya akan mendapat sanksi.

Maka norma hukum tidak bisa berjalan sendiri dan perlu dukungan dari lembaga-lembaga yang berfungsi untuk menegakkan norma-norma dan menjatuhkan sanksi bagi pelanggar. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan.