Home » Biologi » 7 Manfaat Air Bagi Tumbuhan, Apa Saja Ya?

7 Manfaat Air Bagi Tumbuhan, Apa Saja Ya?

  • by

Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Manfaat dan fungsi air bagi tanaman sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Tanaman membutuhkan air. Tanpa air tanaman akan layu dan akhirnya mati. Fungsi utama dari air adalah membantu proses fotosintesis yang terjadi pada daun. Selain itu, air merupakan komponen penting dalam proses fotosintesis. Dalam proses ini, air salurkan oleh akar ke batang yang akan dilanjutkan pada daun.

Manfaat air bagi tumbuhan

Manfaat air bagi tumbuhan Selain fotosintesis adalah sebagai berikut:

  1. Pelarut zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman
  2. Bahan dasar untuk reaksi biokimia
  3. Sebagai makanan dari reaksi metabolisme
  4. Menjaga turgor dan dinding sel agar tidak kekeringan
  5. Berperan sebagai pengirim nutrisi dari tanah ke daun
  6. Mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman
  7. Untuk proses transpirasi (penguapan) dan fotosintesis

Jika kekurangan air, tanaman akan layu karena penurunan tekanan turgor dalam sel. Namun, tanaman memiliki sistem kontrol untuk mengatasi kekurangan air. Tanaman mengatasi kekurangan air dengan memperlambat laju transpirasi (penguapan). Kekurangan air akan merangsang pembentukan dan hormon pembebasan asam absisat (ABA, asam absisat) dari sel mesofil daun yang menyebabkan stomata tertutup.

Ketika kekeringan, maka tanaman akan mengalami kekurangan air. Dalam masa kekeringan, beberapa jenis tanaman mengurangi penguapan dengan cara menggugurkan daunnya. Tanaman gurun beradaptasi dengan membentuk duri. Sementara tanaman air memiliki daun yang tipis dan lebar untuk mempercepat proses penguapan.