Home » Geografi » 5 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia

5 Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia

  • by

Manfaat hutan bagi manusia apa saja itu? Keberadaan hutan di daratan bumi ini tentu bukan tanpa alasan. Hutan ternyata memiliki dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan serta makhluk hidup lainnya. Fungsi utama dari hutan yang ditumbuhi berbagai tanaman adalah untuk menyerap karbon dioksida kendaraan bermotor, limbah pabrik dan sumber-sumber lain. Mari kita simak sama-sama tentang beberapa manfaat hutan bagi manusia dan kelangsungan hidup dan lingkungannya.

1. Sebagai peran paru-paru dunia

Hutan adalah wilayah yang sangat luas dan ditutupi oleh berbagai jenis tanaman yang memiliki penyerapan karbon dioksida yang tinggi. Hutan sendiri juga merupakan pemasok utama oksigen di permukaan bumi. Tentu saja, oksigen yang dihasilkan oleh hutan akan sangat bermanfaat bagi manusia dan hewan untuk bernapas. Tidak heran hutan mendapat julukan sebagai paru-paru dunia.

2. Menjaga dan memelihara kesuburan tanah

Fungsi hutan tidak hanya untuk suplai oksigen, tetapi seluruh makhluk di dalamnya juga memainkan peran dalam kesuburan tanah. Melalui daun yang jatuh dan kemudian membusuk dan terurai di permukaan, hutan telah menunjukkan eksistensinya dalam menjaga dan memelihara kesuburan tanah. Jika tanah subur, maka kita bisa mengolahnya menjadi lahan untuk ditanami kembali pohon-pohon.

3. Sebagai tempat rumah makhluk hidup

Jutaan manusia dan hewan memilih hunian di hutan. Oleh karena itu, jika hutan rusak atau hilang, maka manusia dan hewan otomatis kehilangan rumah mereka. Hutan sebagai tempat tinggal makhluk hidup adalah salah satu fungsi yang terus dilestarikan.

4. Menjadi sumber keanekaragaman hayati

Berbagai macam tanaman dan hewan yang berkembang biak di hutan menjadi sumber keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi manusia. Apakah digunakan sebagai sumber makanan atau sumber obat, tanaman di hutan harus terus dilestarikan dari kepunahan sampai masa depan.

5. Mencegah bencana alam

Ketika hutan kita gundul, maka tidak ada akar tumbuhan yang menahan air dalam tanah. Akibatnya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir dapat terjadi setiap saat. Untuk menghindari hal ini, kita harus selalu melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan sehingga tidak menyebabkan bencana bagi manusia atau lingkungan.

Nah, itulah beberapa manfaat hutan bagi manusia dan lingkungannya.