Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Venture capital Adalah: Pengertian, Mekanisme, dan Jenisnya

Venture capital Adalah: Pengertian, Mekanisme, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian venture capital

Venture capital adalah jenis modal risiko yang diberikan kepada perusahaan atau bisnis yang masih dalam tahap awal, yang seringkali memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. 

Venture capital adalah individu atau lembaga yang memberikan modal tersebut. Mereka biasanya merupakan investor profesional yang mencari peluang untuk memperoleh keuntungan dari perusahaan atau bisnis yang berkembang dengan cepat.

Cara kerja venture capital

Venture capital biasanya memberikan modal kepada perusahaan yang memiliki prospek pertumbuhan yang baik, namun masih membutuhkan dana untuk membiayai pertumbuhan tersebut. 

Mereka seringkali terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan saran kepada perusahaan yang mereka investasikan, dengan tujuan untuk membantu perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang. 

Venture capital merupakan salah satu sumber dana yang tersedia bagi perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang, namun tidak memiliki akses ke sumber dana lainnya, seperti pendanaan melalui pinjaman bank atau penjualan saham kepada publik.

Dalam pertukaran atas modal yang diberikan, venture capital biasanya akan memperoleh saham atau bagian kepemilikan dari perusahaan yang mereka investasikan.

Tujuan venture capital

Venture capital biasanya terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan saran kepada perusahaan yang mereka investasikan, dengan tujuan untuk membantu perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang. 

Tujuan akhir dari venture capital adalah untuk memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukan dengan cara menjual saham atau bagian kepemilikan di perusahaan yang telah tumbuh dan berkembang dengan baik.

Unsur atau pihak-pihak dalam venture capital

Dalam proses venture capital, terdapat tiga unsur yang terlibat secara langsung, yaitu:

1. Perusahaan atau bisnis

Perusahaan atau bisnis yang menerima modal dari venture capital.

2. Venture capital

Individu atau lembaga yang memberikan modal kepada perusahaan atau bisnis yang masih dalam tahap awal.

3. Kepemilikan saham atau bagian kepemilikan

Dalam pertukaran atas modal yang diberikan, venture capital biasanya akan memperoleh saham atau bagian kepemilikan dari perusahaan yang mereka investasikan. Kepemilikan saham atau bagian kepemilikan tersebut menjadi salah satu cara bagi venture capital untuk memperoleh keuntungan dari investasi yang telah dilakukan.

Mekanisme venture capital 

Mekanisme venture capital biasanya terdiri dari beberapa tahap, diantaranya:

1. Pencarian

Venture capital mencari perusahaan atau bisnis yang memiliki prospek pertumbuhan yang baik, sesuai dengan fokus investasi yang telah ditetapkan.

2. Penilaian

Setelah menemukan perusahaan yang sesuai, venture capital akan melakukan penilaian terhadap prospek keberhasilan perusahaan tersebut. Hal ini meliputi mengevaluasi bisnis, pasar, manajemen, dan prospek keuangan perusahaan tersebut.

3. Negosiasi

Jika venture capital tertarik untuk berinvestasi, maka akan terjadi proses negosiasi antara perusahaan dan venture capital mengenai jumlah modal yang akan disediakan, serta persyaratan investasi lainnya, seperti hak suara dan pembagian keuntungan.

4. Penyaluran dana

Setelah kesepakatan tercapai, venture capital akan menyalurkan dana ke perusahaan yang telah dipilih, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

5. Monitoring

Setelah dana disalurkan, venture capital akan terus memantau perkembangan perusahaan yang telah diinvestasikan, serta terlibat dalam proses pengambilan keputusan strategis yang penting bagi perusahaan tersebut.

6. Realisasi keuntungan

Tujuan akhir dari venture capital adalah untuk memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukan. Ini bisa dilakukan dengan cara menjual saham atau bagian kepemilikan di perusahaan yang telah tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jenis venture capital

Ada beberapa jenis venture capital, di antaranya:

1. Early stage venture capital

Jenis ini biasanya diberikan kepada perusahaan atau bisnis yang masih dalam tahap awal pengembangan, seperti perusahaan yang baru saja didirikan atau yang sedang mengembangkan produk atau jasa pertama mereka.

2. Growth stage venture capital

Jenis ini diberikan kepada perusahaan yang sudah memiliki track record yang baik dan sedang tumbuh dengan cepat, namun masih membutuhkan dana untuk meningkatkan skala operasi mereka.

3. Late stage venture capital

Jenis ini diberikan kepada perusahaan yang sudah tumbuh dan berkembang dengan baik, namun masih membutuhkan dana untuk meningkatkan skala operasi atau mengelola pertumbuhan yang tinggi.

4. Mezzanine venture capital

Jenis ini merupakan campuran antara dana pinjaman dan modal saham. Ini biasanya diberikan kepada perusahaan yang sudah memiliki track record yang baik dan sedang tumbuh dengan cepat, namun tidak memiliki akses ke sumber dana lainnya.

5. Corporate venture capital

Jenis ini merupakan inisiatif internal dari perusahaan yang sudah tumbuh dan berkembang, yang mengalokasikan sebagian dana internalnya untuk berinvestasi pada perusahaan atau bisnis lain yang memiliki prospek pertumbuhan yang baik.

Perusahaan venture capital di Indonesia

Di Indonesia, venture capital merupakan salah satu sumber dana yang tersedia bagi perusahaan atau bisnis yang masih dalam tahap awal dan memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi. 

Venture capital di Indonesia biasanya terdiri dari lembaga keuangan, perusahaan asuransi, dan perusahaan multinasional yang berinvestasi di Indonesia. Selain itu, terdapat juga beberapa perusahaan yang mengelola dana untuk tujuan venture capital, yang disebut sebagai perusahaan venture capital.

Beberapa contoh perusahaan venture capital di Indonesia antara lain: 

  1. East Ventures
  2. Alpha JWC Ventures
  3. Gobi Partners

Perusahaan-perusahaan ini biasanya mencari peluang investasi di sektor teknologi dan internet, namun juga terbuka untuk berinvestasi di sektor lain yang memiliki prospek pertumbuhan yang baik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai venture capital, beserta pengertian, tujuan, pihak yang terlibat dan jenis-jenisnya.