Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Pancasila Sebagai Dasar Negara Dipergunakan untuk?

Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan untuk menyelenggarakan sistem kenegaraan. Pancasila merupakan pedoman bagi bangsa dan rakyat Indonesia dalam menegakkan cita-cita leluhur bangsa.

Pancasila sebagai dasar negara digunakan untuk penyelenggaraan negara

Artinya Pancasila memiliki kedudukan khusus dalam penyelenggaraan negara. Di Indonesia, posisi Pancasila sangat istimewa karena berperan sebagai dasar dan aturan dalam berbagai sistem kenegaraan. Hal ini dikarenakan Pancasila menjadi sumber dari UUD 1945, serta dasar dalam menetapkan kebijakan pemerintah dan penyelenggaraan bernegara.

Baca juga bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.

Apa fungsi dan peran Pancasila sebagai dasar negara?

Berdasarkan buku “Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Tinggi Kewarganegaraan” karya Asrinah dkk. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan dan bangsa Indonesia. Artinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan ketatanegaraan Republik Indonesia harus berdasarkan Pancasila. Hal ini juga berarti bahwa semua peraturan yang ada di Indonesia harus berdasarkan Pancasila.

Selain itu, Pancasila sebagai dasar negara juga mengandung makna bahwa Pancasila adalah dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara. Dalam Ketetapan MPR No. III/MPR/2000, Pancasila merupakan “sumber hukum dasar nasional”. Pancasila dengan kedudukannya sebagai dasar negara memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Pancasila sebagai perwujudan cita-cita bangsa

Pancasila sebagai cita-cita bangsa Indonesia berarti Pancasila diciptakan untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang adil dan makmur.

2. Pancasila sebagai asas kehidupan berbangsa dan bernegara

Pancasila sebagai asas bernegara merupakan perwujudan dari pelaksanaan pancasila yang murni dan bertanggung jawab sebagai satu-satunya asas negara yang diterapkan bangsa Indonesia.

3. Pancasila sebagai perwujudan moral dalam pembangunan bangsa

Artinya Pancasila dijadikan sebagai kerangka acuan atau dasar, serta sebagai petunjuk arah dan tujuan dari pembangunan yang dilakukan oleh negara Indonesia.

4. Pancasila sebagai perjanjian luhur

Pancasila merupakan hasil kesepakatan bersama dengan lapisan masyarakat. Hal ini terjadi pada rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945, dimana pada saat itu penerapannya turut mewakili suara rakyat.

5. Pancasila sebagai sumber hukum negara

Pancasila digunakan sebagai sumber hukum yang mengatur semua hukum yang berlaku di Indonesia, yang berarti hukum yang berlaku haruslah berasal atau bersumber dari Pancasila dan tidak bertentangan dengan semua peraturan yang terkandung dalam Pancasila. Artinya, nilai-nilai dan hukum yang berlaku harus berdasarkan penjabaran dari nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

6. Pancasila sebagai kepribadian bangsa

Artinya pancasila harus dijadikan sebagai ciri khas bangsa Indonesia, yang menjadi tanda pembeda antara bangsa Indonesia dengan bangsa lain di dunia.

7.Pancasila sebagai jiwa dan moralitas bangsa Indonesia

Artinya, Pancasila harus dijadikan sebagai sumber semangat hidup bagi bangsa Indonesia, dengan harapan Pancasila dapat dijadikan acuan sebagai jiwa dalam setiap perubahan bangsa Indonesia.

Apa arti penting Pancasila sebagai dasar negara bagi bangsa Indonesia?

Pengertiannya Pancasila sebagai dasar negara memiliki arti sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, Pasal 4 Pancasila sebagai dasar negara memiliki arti sebagai berikut:

  1. Sebagai dasar penyelenggaraan negara yang merdeka dan berdaulat
    Sebagai dasar pengaturan penyelenggaraan aparatur negara
  2. Agar tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 Pasal 43 dapat tercapai, maka Pancasila menjadi dasar, arah, dan pedoman bagi kegiatan bangsa dalam kehidupan sehari-hari

Sebagai cita-cita dan tujuan hidup, maka kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia harus bersumber sesuai dengan nilai Pancasila. Dalam Ketetapan MPR No. III/MPR/2000, Pancasila merupakan sumber konstitusi nasional.
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara meliputi beberapa fungsi pokok, antara lain sebagai berikut:

  1. Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia yang menjadi dasar negara hukum Indonesia
  2. Pancasila sebagai kepribadian nasional yang didasarkan pada Konstitusi Indonesia
  3. Pancasila sebagai cita-cita dan sumber hukum dasar hukum negara Indonesia
  4. Pancasila sebagai dasar hukum yang mengatur norma hukum, konstitusi, dan penyelenggaraan negara untuk mewujudkan cita-cita luhur rakyat Indonesia
  5. Pancasila sebagai ruh dalam penyelenggaraan negara sebagaimana dijelaskan dalam UUD 1945

Baca juga: Seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara

Pancasila sebagai dasar negara digunakan untuk mengatur segenap tatanan kehidupan bangsa Indonesia serta untuk mengatur penyelenggaraan negara. Seperti disebutkan di atas, Pancasila sebagai dasar negara juga memiliki beberapa fungsi yang jelas.