Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Pancasila dalam Kedudukannya Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Berarti Pancasila Merupakan?

Pancasila dalam kedudukannya sebagai pandangan hidup bangsa indonesia berarti pancasila merupakan? Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung arti bahwa segala aktivitas kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia harus sesuai dengan nilai Pancasila.

Fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup cukup luas, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
Pertama, Pancasila digunakan sebagai dasar atau panduan untuk memecahkan berbagai masalah bangsa.

Entah masalah yang saat ini terjadi, ataupun masalah yang bisa saja muncul di kemudian hari. Tidak hanya masalah internal, misalnya isu-isu yang terjadi di Indonesia, namun juga berkaitan dengan masalah yang menyangkut persoalan global.

Kedua, Pancasila bisa menjadi jalan untuk menyelesaikan masalah yang terbilang konkrit, seperti persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik di negara ini. Diharapkan, persoalan tersebut bisa diatasi dengan baik sehingga bisa memajukan bangsa di berbagai bidang.

Ketiga, warga negara Indonesia memiliki hubungan dan peran yang terkait, khususnya dalam membangun cita-cita bangsa. Keempat, sebagai pedoman hidup, Pancasila dapat mempersatukan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk saling bekerja sama demi membangun dan memajukan bangsa di mata dunia.

Tidak heran, Pancasila harus dijadikan pedoman hidup bagi seluruh Warga Negara Indonesia. Esensi Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa tentu mencakup berbagai hal dan bidang, maksudnya pedoman ini berlaku bagi seluruh aktivitas kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia.

Hal ini juga dapat diartikan bahwa sikap dan perilaku warga negara Indonesia harus didasari dengan pengamalan dari nilai dan aturan yang tertuang di Pancasila. Kedudukan Pancasila sebagai pedoman hidup tentu terkandung dalam lima sila yang tertera di Pancasila.

Pancasila dalam kedudukannya sebagai pandangan hidup bangsa

Pancasila memberikan gambaran tentang sikap dan cara pandang bangsa Indonesia terhadap agama, sesama manusia, bangsa dan negara, pemerintahan yang demokratis, dan kepentingan bersama. Tujuan kehidupan bangsa atau yang bisa juga disebut dengan ideologi, tentu harus didasari oleh lima sila tersebut.

Dengan kata lain, Pancasila merupakan inti dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dan menjadi cita-cita bangsa yang juga berperan sebagai penuntdeun bangsa. Tentunya tujuan itu bisa ditempuh dengan berperilaku luhur sesuai dengan nilai pancasila, serta menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berdasarkan hal itu, maka seperti yang dikutip dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pancasila sebagai pedoman hidup harus meliputi seluruh aktivitas kehidupan berbangsa, termasuk bagi masyarakatnya ketika menjalan kehidupan sehari-hari.

Mengenai fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup, juga dijelaskan secara rinci dengan dalam pancasila itu sendiri, yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Artinya, setiap warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Peran ini memberi makna bahwa setiap warga negara Indonesia saling menghormati berdasarkan pilihan agama dan kepercayaannya. Sesuai dengan ajaran semua agama, kita harus saling menghormati setiap orang, meskipun dengan latar belakang yang berbeda agar terciptanya kehidupan yang harmonis dan damai.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua ini diartikan agar semua masyarakat Indonesia memahami bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama, sehingga harus saling menghormati, dengan berasas pada kebenaran dan keadilan serta turut bekerja sama untuk kedamaian negara.

3. Persatuan Indonesia

Sila ketiga menjelaskan peran Pancasila sebagai penyampai visi atau tujuan hidup bangsa yang mengutamakan persatuan, kesatuan dan kepentingan negara daripada kepentingan masing-masing individu.

Sebagai warga negara dengan berbagai latar belakang, sosial, budaya, ekonomi, suku bangsa dan budaya, masyarakatnya juga harus memiliki kepribadian, rela berkorban demi kebaikan negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah airnya serta bangga pada negaranya.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan

Sila keempat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup, di mana kita harus ikut serta mengajak setiap warga negara untuk tidak memaksakan kehendaknya kepada orang lain dan mengutamakan kepentingan negara.

Meskipun demikian, akan ada ketidaksepakatan dan sudut pandang yang berbeda, tetapi prinsip keempat menekankan pentingnya bermusyawarah atau diskusi.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Fungsi Pancasila sebagai visi kehidupan berbangsa tercermin dalam sila ini, yaitu keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dengan menerapkan sikap kekeluargaan dan gotong royong. Selain itu, setiap warga negara hendaknya juga selalu adil dan memahami hak dan kewajiban untuk menghormati hak-hak warga negara Indonesia lainnya.

Dengan menjelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa maka akan membuat kita lebih mencintai dan bangga pada negara Indonesia.

Kesimpulan, pancasila dalam kedudukannya sebagai pandangan hidup bangsa indonesia berarti pancasila merupakan pedoman bagi segala aktivitas kehidupan sehari-hari bagi masyarakatnya, baik dalam hal bersosial, berbangsa, bernegara serta aktivitas lainnya.