Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

Kelebihan dan kelemahan penerapan Pancasila masa orde baru – Pancasila merupakan ideologi bagi bangsa Indonesia dan telah berlaku sejak kemerdekaan. Artinya, Pancasila merupakan dasar negara yang sudah diterapkan oleh masyarakat Indonesia dari masa ke masa, dari masa Orde Lama, Orde Baru, hingga masa Reformasi.

Baca juga mengenai bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.

Dalam pelaksanaannya, Pancasila bersifat dinamis dan menyesuaikan dengan beragam masalah yang dialami bangsa ini. Salah satu faktor utamanya yaitu adanya perubahan kebijakan pemerintah yang terjadi dari waktu ke waktu. Penerapan Pancasila dari setiap periode tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa kelebihan dan kekurangan penerapan Pancasila pada masa Orde Baru?

Masa Orde Baru dimulai ketika Soeharto resmi diangkat menjadi Presiden setelah Indonesia melalui masa transisi pada 1966-1967. Pemerintah Orde Baru menilai ada penyimpangan dari pelaksanaan UUD 1945 dan Pancasila pada masa Orde Lama.

Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra (2018), dengan konsep Demokrasi Pancasila, visi utama pemerintahan Orde Baru adalah melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Presiden Soeharto, sebagai tokoh utama Orde Baru, dipilih oleh Rakyat dipandang sebagai seseorang yang mampu mengangkat Indonesia dari keterpurukan.

Hal ini tidak terlepas dari pembubaran PKI dan keberhasilannya dalam membangun stabilitas keamanan nasional menyusul pemberontakan PKI dalam waktu yang relatif singkat.

Konsep pemerintahan saat ini, yaitu Orde Baru harus turut mempertahankan nilai-nilai​ Pancasila. Namun dalam prakteknya, ada pro dan kontra pada penerapan Pancasila pada masa pemerintahan Orde Baru saat itu.

Kelebihan penerapan Pancasila pada masa Orde Baru

  • Stabilitas negara jauh lebih terjamin
  • Kedaulatan rakyat ditegakkan sepenuhnya dengan mengadakan pemilihan umum yang tidak dilakukan pada masa Orde Lama
  • Pembangunan ekonomi berjalan dengan baik dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi
  • Tingkat kemiskinan menurun, kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi
  • Program pengembangan masyarakat berhasil di beberapa bidang seperti: Transmigrasi, program wajib belajar, dll
    Pembentukan sejumlah lembaga negara sesuai dengan UUD 1945

Kelemahan dalam penerapan Pancasila pada masa Orde Baru

Pemerintahan Orde Baru cenderung otoriter, dengan Presiden memiliki kekuasaan yang luar biasa untuk mengatur jalannya pemerintahan.

  • Demokrasi tidak dilaksanakan seperti yang diinginkan, Golkar dipandang sebagai alat politik untuk mencapai stabilitas, sedangkan partai lain hanya sebagai alat pelengkap
  • Maraknya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)
  • Timbulnya Ketimpangan Sosial di Masyarakat Indonesia
  • Ada banyak pelanggaran hak asasi manusia

Penerapan Pancasila pada masa pemerintahan Orde Baru

Pemerintahan Orde Baru saat itu memang menjadi harapan baru bagi masyarakat Indonesia, terutama mengenai pemerintahan yang sebelumnya dikenal lebih otoriter.
Hal ini juga diperkuat dengan keberhasilan Presiden Soeharto menumpas pemberontakan dan membubarkan PKI.

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pembangunan berhasil dilakukan secara bertahap melalui Rencana Pembangunan Lima Tahun atau dikenal dengan Repelita dan GBHN. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan nasional berkembang pesat di segala bidang kehidupan.

Sayangnya, saat itu presiden menjadi pengendali utama lembaga negara lainnya. Kebebasan politik juga terbatas, jadi hanya ada tiga partai, yaitu Partai Persatuan Indonesia (PPP), Kelompok Kerja (Golkar) dan Partai Demokrat Indonesia (PDI).

Namun, penerapan Pancasila saat itu juga tidak mulus. Beberapa pelanggaran HAM terjadi, seperti kasus Marsinah, kasus Tanjung Priok dan lain-lain.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Pancasila Pancasila pada masa Orde Baru memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itulah pembahasan kelebihan dan kelemahan penerapan Pancasila masa orde baru.