Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Apakah Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Apakah arti Pancasila bagi bangsa Indonesia – Tahukah kamu, apakah arti Pancasila bagi bangsa Indonesia? Dalam pembukaan UUD 1945 di alinea keempat menegaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila.

Pentingnya Pancasila bagi bangsa Indonesia tidak lepas karena perannya sebagai dasar negara sehingga menjadikannya landasan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan sebagai perwujudan cita-cita leluhur.

Mengingat Pancasila sebagai sebuah ideologi negara, maka di dalam Pancasila memuat cita-cita, tujuan, dan keyakinan yang dianut oleh bangsa Indonesia. Selain itu, poin yang terkandung di dalamnya juga digunakan sebagai pandangan hidup dalam segala aktivitas bebangsa dan bernegara.

Artinya, setiap negara tidak mungkin memiliki ideologi yang sama persis, termasuk Pancasila. Maka dari itu, agar ideologi Pancasila semakin kuat, kita sebagai masyarakat harus turut serta melaksanakan dan mengamalkannya secara penuh, karena hal itu sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia.

Pancasila bersifat mengikat dan memaksa, artinya semua warga negara harus turut mematuhi Pancasila, dan akan mendapat sanksi hukum kepada mereka yang melanggarnya.

Baca juga: Seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara

7 Pentingnya Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Untuk lebih memahami apakah arti Pancasila bagi bangsa Indonesia, berikut fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia

1. Pancasila sebagai jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, artinya kita wajib menjaga sifat nasionalisme tetap hidup dalam semangat Pancasila. Setiap bangsa dan setiap negara pasti memiliki jiwa. Dalam hal ini, Pancasila adalah jiwa bangsa Indonesia. Pancasila sendiri sudah ada sejak bangsa Indonesia lahir, yakni sejak proklamasi kemerdekaan dilakukan.

2. Pancasila sebagai Pribadi Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai Pribadi Bangsa Indonesia memiliki fungsi yaitu sebagai corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda antara bangsa kita dengan bangsa lain.

3. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

Semua undang-undang tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Pancasila adalah landasannya, sedangkan hukum adalah nilai instrumennya.

4. Pancasila merupakan hasil kesepakatan bersama

Pancasila sebagai perjanjian luhur memiliki arti jika Pancasila merupakan hasil kesepakatan bersama masyarakat dan bangsa saat itu. Penetapan ini dilakukan melalui sidang PPKI 18 Agustus 1945. Dari perjanjian itu pula, Pancasila ditetapkan sebagai hasil perjanjian bersama rakyat.

5. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Pancasila sebagai cita-cita bangsa memiliki fungsi untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

6. Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Pancasila sebagai dasar negara dan juga perwujudan dari konsekuensi ditetapkannya Pancasila oleh bangsa Indonesia sebagai dasar negara dan ideologi.

7. Pancasila sebagai pengembangan moral

Pancasila digunakan sebagai kerangka, acuan, landasan, parameter, arah dan tujuan. pembangunan bangsa Indonesia.

Penerapannya makna Pancasila

Berdasarkan penerapannya, Pancasila memiliki makna sesuai dengan bulir-bulir di dalamnya.

Ketuhanan Yang Maha Esa

Poin pertama adalah agar warga negara Indonesia beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Perwujudan iman dan taqwa tentunya disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang bersangkutan.

Pentingnya perintah ini mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya saling menghormati dan menghargai. Toleransi di tengah keragaman memungkinkan terciptanya kehidupan yang harmonis.

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Dalam perintah kedua ini setiap warga negara diminta untuk memahami persamaan derajat pada setiap manusia. Artinya, semua orang harus saling mencintai dan menghormati tanpa terkecuali dan bebas dari pengaruh SARA.

Perbedaan suku, agama, ras, dan golongan bukanlah alasan untuk bersikap acuh tak acuh, tidak membantu, dan tidak mau peduli satu sama lain. Semua orang kemudian dapat bekerja sama untuk menegakkan kebenaran dan keadilan dalam masyarakat.

Persatuan Indonesia

Makna Pancasila dalam perintah ketiga ini adalah bahwa bangsa Indonesia harus mendahulukan kepentingan negara di atas perseorangan atau antar golongan. Tentu saja, persatuan juga harus menjadi prioritas utama.
Orang Indonesia harus memiliki kepribadian yang rela berkorban untuk kebaikan negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah airnya, serta bangga dengan negaranya. Semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali harus memiliki karakter ini.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan permusyawaratan perwakilan

Poin keempat dalam Pancasila menyerukan untuk tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Makna lainnya adalah ajakan untuk selalu mengutamakan kepentingan negara dan orang lain. Makna Pancasila tidak menafikan adanya perbedaan pendapat dan pandangan dalam masyarakat. Namun, perbedaan pendapat harus diselesaikan melalui diskusi, dengan mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Makna sila kelima Pancasila adalah pentingnya mengembangkan perbuatan baik melalui kekeluargaan dan gotong royong. Perintah ini juga merupakan pengingat akan pentingnya bersikap adil. Contoh sikap adil adalah menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. Jangan biarkan warga negara Indonesia hanya menuntut hak dan melupakan kewajibannya. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menghormati hak orang lain. Baca juga bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.