Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Apakah yang Dimaksud dengan Ideologi?

Apakah yang dimaksud dengan ideologi – Setiap negara membutuhkan ideologi sebagai dasar pijakan dalam bernegara. Selain sebagai identitas, ideologi juga bertujuan sebagai arah dan tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut. Ideologi adalah suatu gagasan yang disusun, dipegang teguh, dan berlaku secara sistematis untuk mewujudkan tujuan hidup.

Di Indonesia, ideologi juga berperan sebagai bentuk upaya mempersatukan bangsa dengan keragaman suku, budaya, bahasa dan agama. Indonesia telah menetapkan pancasila sebagai ideologi negaranya. Ideologi Pancasila bertujuan untuk membentuk masyarakat adil dan makmur dalam kehidupan material dan spiritual bagi negara kesatuan Republik Indonesia.

Asal-usul kata ideologi

Moh. Suardi dalam The Political Ideology of Contemporary Education menjelaskan, secara etimologis, ideologi berasal dari bahasa Yunani yang berarti ide dan logia. Ide berasal dari kata idein yang artinya “melihat”. Ide juga diartikan sebagai sesuatu yang ada dalam pikiran sebagai hasil perumusan suatu pemikiran atau rencana. Kata logia berarti ‘ilmu atau teori’ sedangkan kata ‘logika’ berasal dari kata logos dari kata legein, yang artinya berbicara.

Istilah ideologi diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy (1754-1836) selama Revolusi Perancis sebagai upaya untuk mendefinisikan ilmu gagasan. Secara linguistik, ideologi adalah pengucapan atau ekspresi dari sesuatu yang dirumuskan dalam pikiran.

Efektifitas suatu ideologi tergantung pada nilai-nilai yang dikandungnya, dan mampu memenuhi serta menjamin segala aspirasi kehidupan manusia, baik sebagai individu dan anggota masyarakat.

Apakah yang dimaksud dengan ideologi

Ideologi adalah seperangkat doktrin, kepercayaan, dan simbol dari sekelompok orang atau bangsa yang menjadi pedoman dan cara kerja (atau perjuangan) untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bangsa.

Pengertian lain tentang ideologi juga bisa diartikan sebagai suatu gagasan atau cara berpikir yang didasarkan pada suatu falsafah yang merupakan ciri khas suatu kelompok yang didasari pengaruh kebudayaan kelompok atau bangsa tersebut, melalui lembaga sosial-politik bagi kelompok tersebut

Menurut Francis Bacon, konsep ideologi adalah ide dasar dari sebuah konsep kehidupan bagi makhluk dan segala realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup. Karl Marx mendefinisikan ideologi sebagai kesadaran palsu, karena ideologi adalah produk pemikiran yang diciptakan oleh pemiliknya, ditentukan oleh kepentingannya.

Menurut Nicollo Machiavelli, ideologi adalah pengetahuan tentang bagaimana ide-ide keagamaan dan bentuk manipulasi untuk mendapatkan kepentingan dan mempertahankan kekuasaan.

Ada juga pendapat lain yang mengartikan ideologi sebagai suatu konsep pengetahuan dan nilai-nilai yang secara keseluruhan menjadi dasar bagi seseorang atau sekelompok orang untuk memahami dan mendefinisikan bumi dan alam semesta, untuk menyelesaikan masalah di dalamnya.

Karakteristik Ideologi

Ideologi memiliki tingkat tertinggi sebagai nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.
Ideologi mewujudkan prinsip spiritual, pandangan dunia, visi hidup, cara hidup, budaya, yang dikembangkan secara lebih lanjut untuk diamalkan dan diwariskan pada generasi berikutnya dengan cara diperjuangkan dan dipertahankan dengan pengorbanan berkorban.

Contoh ideologi

Beberapa contoh ideologi adalah sebagai berikut:

1. Ideologi liberalisme

Liberalisme adalah ideologi yang didasarkan pada kebebasan individu. Kata liberalisme berasal dari bahasa latin liber yang berarti bebas. Beberapa ahli berpendapat bahwa liberalisme pertama kali berkembang di Barat pada abad ke-16 M.

Menurut Dr. Rahmat, M.Pd.I., Liberalisme Politik adalah paham politik yang berpusat pada individu yang dipandang sebagai pemegang hak dalam pemerintahan, termasuk hak untuk dihormati, hak untuk menyatakan diri dan bertindak, serta hak untuk bebas beragama dan berfilosofis.

2. Ideologi kapitalisme

Kapitalisme merupakan ideologi yang berdasarkan dalam nilai-nilai modal atau permodalan. Perkembangan kapitalisme berdasarkan struktur politik multi-bangsa yang terdapat di Eropa.
Kapitalisme berasal dari kata kapital yang berarti modal.

Kapitalisme pertama kali diperkenalkan pada pertengahan abad ke-19 sang. Istilah kapitalisme awalnya timbul berdasarkan konsep ekonomi Inggris pada abad ke-18, kemudian menyebar ke Eropa Barat & Amerika Utara, sebagai bentuk perlawanan terhadap ajaran gereja. Kapitalisme adalah paham yang meyakini bahwa pemilik kapital atau modal bisa melaksanakan usahanya dan meraih laba sebesar-besarnya.

3. Ideologi sosialisme

Sosialisme merupakan ideologi yang mendukung sistem ekonomi yang menempatkan semua atau sebagian besar alat dan sumber produksi dimiliki pemerintah. Tokoh pertama yang membuatkan pemikiran sosialisme yaitu Robert Owen (1771–1858). Pemikirannya mengenai sosialisme tercantum pada buku dengan judul A View of Society, an Essay on the Formation of Human Character.

Sosialisme sendiri diambil dari bahasa Latin yakni socius yang berarti “teman”. Jadi, sosialisme merujuk pada pengaturan atas dasar prinsip pengendalian kapital, produksi dan kekayaan kelompok.

Demikian pembahasan mengenai apakah yang dimaksud dengan ideologi dan beberapa contohnya.