Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Nilai-nilai Pancasila Perlu Dikembangkan dalam Kehidupan Sosial Budaya dengan Tujuan?

Nilai-nilai pancasila perlu dikembangkan dalam kehidupan sosial budaya dengan tujuan? – Pancasila merupakan dasar negara sekaligus ideologi bangsa Indonesia. Di dalamnya, terkandung nilai-nilai yang harus dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara garis besar, Pancasila mengandung nilai-nilai dasar dan norma yang harus dipatuhi masyarakat Indonesia sebagai landasan untuk menjalankan kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Kelima sila dalam Pancasila memang berbeda, namun saling melengkapi. Kelimanya merupakan wujud kesatuan sebagai pedoman hidup.

Nilai-nilai pancasila perlu dikembangkan dalam kehidupan sosial budaya dengan tujuan?

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita.

Nilai-nilai tersebut meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini. Nilai-nilai Pancasila perlu dikembangkan untuk berbagai tujuan aspek kehidupan sosial budaya.

Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang aman, damai, dan sejahtera. Tanpa nilai-nilai tersebut, kondisi tersebut sulit tercapai.

Jadi, nilai-nilai Pancasila perlu dikembangkan dengan tujuan agar kehidupan masyarakat menjadi aman, damai, dan sejahtera.

Norma-norma yang terkandung dalam Pancasila

  1. Norma agama. Tercermin dari sila pertama Pancasila, yang mengharapkan masyarakat untuk berpegang teguh dengan agama kepercayaannya masing-masing dan saling toleransi.
  2. Norma moral atau kesusilaan. Norma yang mengatur budi pekerti dan etika kita dalam bermasyarakat dan bersosialisasi.
  3. Norma kesopanan. Norma sopan santun atau norma tata krama didasarkan pada kebiasaan masyarakat setempat. Hal ini juga berlaku pada adat istiadat warga setempat.
  4. Norma hukum. Norma yang memaksa dan mengatur masyarakat untuk patuh terhadap hukum yang berlaku baik yang diatur negara atau pihak setempat.

Dengan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan akan membuat negara kita menjadi aman, damai, dan sejahtera. Baca juga bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.