Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Apa Saja Peran Pancasila dalam Keragaman Bangsa?

Peran Pancasila dalam keragaman bangsa – Peran Pancasila dalam keanekaragaman bangsa tentu sangat penting. Perlu diingat, Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai pulau, etnis, agama, dan ras. Indonesia juga memiliki 718 bahasa daerah.

Bangsa Indonesia telah hidup berdampingan dalam mempertahankan keberagaman, norma, budaya, dan cara berpikir. Di sini, Pancasila berfungsi sebagai cara hidup bangsa yang menyiratkan semua kegiatan kehidupan sehari-hari. Tentunya, masyarakat Indonesia harus berperan sebagai masyarakat yang berbangsa sesuai dengan ajaran Pancasila.

Peran Pancasila dalam keragaman bangsa

Pancasila adalah pilar ideologi yang dimiliki oleh rakyat Indonesia. Pancasila adalah dasar dan pedoman untuk semua orang di Indonesia. Lantas, apa saja peran Pancasila dalam keberagaman bangsa?

  1. Pancasila adalah referensi dan pedoman dasar dari nilai dan norma bagi bangsa Indonesia. Khususnya sebagai tameng dari pengaruh buruk budaya asing dan globalisasi dari perkembangan sains dan teknologi
  2. Pancasila menjadi pandangan kehidupan dan warisan leluhur sebagai identitas bangsa Indonesia
  3. Pancasila menjadi dasar yang kuat untuk dalam menerima berbagai jenis perubahan di Indonesia
  4. Pancasila adalah payung hukum tertinggi dari berbagai perbedaan yang terjadi di Indonesia
  5. Pancasila menjadi dasar dan acuan dalam nilai dan norma yang berlaku, baik secara sosial, maupun hukum

Kegiatan kehidupan sehari-hari berasal dari hal-hal yang sederhana. Tujuannya, agar kehidupan bisa berjalan secara harmonis, baik di lingkungan keluarga, rumah, sekolah, hingga ruang lingkup yang lebih luas seperti antara suku, pulau, dan negara.

Peran Pancasila dalam keragaman bangsa sangat penting. Bapak proklamator, sekaligus presiden pertama bangsa Indonesia, Ir. Soekarno, pernah menekankan bahwa Republik Indonesia bukan milik kelompok, bukan milik agama, milik suku tertentu, dan bukan milik sekelompok umum.

Baca juga bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan.

Negara ini milik orang-orang Indonesia yang tinggal dari Sabang sampai ke Merauke. Menurutnya, semua elemen bangsa harus turut mempertahankan dan merawat mandat ini. Bangsa ini harus bertanggung jawab untuk mengaktualisasikan nilai Pancasila di semua sendi kehidupannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, nilai-nilai Pancasila harus menjadi habitus negara itu sendiri, yaitu menjadi panduan hidup bersama dalam menciptakan peradaban masyarakat yang aman, damai dan tertib. persatuan dalam keanekaragaman ini dapat terwujud dengan menerapkan peran Pancasila di dalamnya.