Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Iklan Banner

Nilai-nilai Pancasila Apa Sajakah yang Diterapkan oleh Para Anggota Koperasi

Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi – Secara sederhana, koperasi dipandang sebagai badan hukum yang ditetapkan berdasarkan prinsip-prinsip kekeluargaan. Prinsip ini cocok dan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

Nilai-nilai Pancasila yang dibahas oleh anggota koperasi di Indonesia dibahas dalam sila pertama hingga sila kelima, lebih jelasnya berikut penjelasan dalam artikel ini.

Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi

Kata kooperatif diambil dari bahasa Inggris, cooperation yang berarti kerja sama. Jadi, sistem manajemen pada koperasi didasarkan pada prinsip keluarga dan kehidupan dalam demokrasi. Secara umum, koperasi diartikan sebagai entitas bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya.

Baca juga: Seperti apakah fungsi pancasila bagi kehidupan bernegara

Namun, Mohammad Hatta, ayah dari bapak koperasi memiliki pendapatnya sendiri tentang pemahaman koperasi. Menurutnya, koperasi adalah usaha patungan untuk meningkatkan kehidupan atau ekonomi anggotanya berdasarkan prinsip membantu.
Jadi, nilai Pancasila apa yang diterapkan oleh anggota kooperatif? Inilah penjelasannya.

5 Nilai Pancasila yang diterapkan oleh para anggota koperasi

  1. Sila pertama
    Keanggotaan koperasi secara umum dilakukan tanpa diskriminasi agama dan kepercayaan yang diadopsi dan diyakini pengikutnya. Setiap kegiatan koperasi tidak boleh dipisahkan dari norma yang telah ditentukan.
  2. Sila kedua
    Semua anggota koperasi memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dan mengesampingkan perbedaan.
  3. Sila ketiga
    Anggota koperasi harus menanamkan rela berkorban, mencintai negara , dan menjaga persatuan antara sesama anggota koperasi.
  4. Sila keempat
    Koperasi dikelola secara demokratis. Pengambilan keputusan dalam koperasi melalui konsensus musyawarah yang mufakat pada pertemuan rapat anggota.
  5. Sila kelima
    Koperasi bekerja tidak hanya untuk kepentingan anggota mereka, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat di sekitarnya. Hasil bisnis ini dibagikan secara adil sesuai dengan layanan partisipasi mereka kepada koperasi.

Dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 25/1992 menyebutkan bahwa ada 4 fungsi dan peran koperasi, antara lain:

  1. Membangun dan mengkembangkan potensi kemampuan ekonomi anggota khususnya dan masyarakat secara umum untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.
  2. Secara aktif berupaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Memperkuat ekonomi rakyat sebagai dasar dari kekuatan dan ketahanan ekonomi nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.
  4. Mencoba untuk mewujudkan dan mengembangkan ekonomi nasional yang merupakan bisnis bersama berdasarkan prinsip demokrasi keluarga dan ekonomi.

Koperasi sering memberikan bantuan, berupa dana kredit atau pinjaman kepada anggota dalam istilah keuangan. Oleh karena itu, pembentukan koperasi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di Indonesia. Itulah jawaban mengenai nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi