Sebutkan Tiga Contoh Tumbuhan Beserta Cara Tumbuhan Tersebut Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

Sebutkan tiga contoh tumbuhan beserta cara tumbuhan tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya – Semua makhluk hidup pasti harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tempatnya tinggal saat ini. Kondisi ini disesuaikan dengan lingkungan dan iklim di tempatnya hidup. Perubahan juga bisa terjadi karena adanya perubahan alam. Sehingga, mereka harus bertahan dengan perubahan tersebut dengan cara menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Tak hanya hewan, tumbuhan juga harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar tidak mengalami kepunahan. Untuk tumbuhan, ada beberapa cara khusus yang bisa dilakukan, berikut penjelasannya.

Tiga contoh tumbuhan beserta cara tumbuhan tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya

1. Xerofit

Xerofit merupakan salah satu cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungan beriklim panas dan kering. Jenis tumbuhan yang hidup di iklim tersebut beradaptasi dengan cara xerofit. Tumbuhan jenis ini memiliki permukaan daun yang dilapisi lilin dengan ukuran daun yang kecil dan berduri, berbatang tebal, serta memiliki akar yang panjang. Contohnya adalah kaktus dan lidah budaya.

2. Hidrofit

Hidrofit merupakan salah satu cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan basah atau air. Ciri-ciri tanaman tersebut seperti terapung di atas air, memiliki permukaan daun yang lebar, batang agak menggembung, dan akar kecil yang menyebar ke seluruh permukaan daunnya. Contohnya tanaman yang beradaptasi dengan cara hidrofit adalah kangkung, eceng gondok, dan teratai.

3. Higrofit

Higrofit merupakan cara beradaptasi bagi tanaman yang hidup di lingkungan lembab, seperti iklim di daerah hutan. Ciri-ciri tanaman tersebut yaitu berdaun tipis, lebar dan dengan banyak stomata kecil. Contoh tanaman tersebut adalah gandarusa, lumut, dan tumbuhan paku.

Tak hanya itu, ada pula dua cara tanaman beradaptasi lainnya, apa saja itu? Berikut dua tambahannya.

Dua contoh tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan lainnya

4. Halofit

Halofit merupakan cara beradaptasi pada tumbuhan di lingkungan yang asin, seperti iklim air laut atau pantai. Ciri-ciri tanaman tersebut yaitu akar yang kuat dengan akar tertanam dan badan yang tergenang di air. Contoh jenis tanaman ini yaitu pohon mangrove atau bakau.

5. Mesofit

Mesofil merupakan cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan tidak terlalu basah namun juga tidak terlalu kering. Ciri-cirinya tanaman dengan kriteria tersebut yaitu memiliki banyak cabang, daun tipis dan lebar. Letak stomata pada daun ini juga terletak di bawah daun. Contoh tanaman dengan adaptasi tersebut yaitu pohon mangga dan pepaya.

Itulah tiga contoh tumbuhan beserta cara tumbuhan tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut dua jenis adaptasi lainnya tersebut.

 

 

x