Orang yang Cepat Menangkap Peluang yang Muncul dari Suatu Kondisi Suatu Lingkungannya Disebut dengan?

Orang yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi suatu lingkungannya disebut dengan? Bisnis tidak hanya soal untung-rugi saja. Namun, bagaimana orang tersebut bisa membuat peluang baru dengan kemampuan berfikir yang ia miliki. Orang yang memiliki kemampuan dalam melihat peluang tentu memiliki kesempatan yang bisa lebih sukses dalam menjalani bisnis yang dijalankan saat ini.

Orang yang cepat menangkap peluang yg muncul dari suatu kondisi suatu lingkungannya disebut dengan orang kreatif

Menemukan ide-ide bisnis yang inovatif dan kreatif

Suatu bisnis pada dasarnya hanya memiliki dua fungsi, yaitu inovasi dan pemasaran. Fungsi inovasi adalah gagasan yang mendasari bisnis, dan dieksekusi melalui operasional bisnis. Setidaknya ada beberapa cara untuk menemukan ide bisnis yang inovatif dan permintaan pasar yang tepat, yaitu sebagai berikut:

1. Temukan masalah yang dialami oleh pasar

Bisnis memiliki esensi fundamental yang penting. Ketika seseorang berbisnis, maka pada kenyataannya ia memiliki solusi untuk masalah yang dialami oleh pasar. Solusi ini kemudian dikenal luas sebagai produk.

Dengan demikian, jika seseorang ingin membangun bisnis inovatif dan sesuai dengan permintaan pasar, maka ia seharusnya tidak melupakan esensi tersebut. Kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu dan menemukan masalah yang dihadapi pasar. Kemudian cari ide secara kreatif untuk menciptakan produk dan solusi inovatif untuk menyelesaikan masalah pasar.

2. Peka terhadap masalah yang dialami sendiri dan orang lain

Selain harus mencari masalah yang dialami oleh pasar melalui penelitian, ide bisnis sering datang sendiri melalui percakapan sehari-hari atau bahkan pengalaman pribadi. Tanpa menyadarinya, seringkali masalah yang kamu, kerabat, atau teman kamu alami juga dialami oleh pasar.

Salah satu kesulitan menemukan masalah pasar secara langsung adalah karena kamu tidak menyadari masalah dan kebutuhan mereka. Karena itu, kamu harus memahami kebutuhan atau masalah yang ada di sekitar kamu sendiri terlebih dahulu.

3. Kombinasikan dengan produk serupa

Sebagai pemain baru yang akan masuk ke pasar, penting untuk mempelajari produk apa yang sudah ada di pasaran. Pekerjaan kamu bukan hanya untuk mengetahui, tetapi untuk memahami dan menilai kelebihan dan kekurangan aspek-aspek produk pesaing.

Aspek-aspek seperti apakah permintaan pasar untuk produk yang sudah ada sudah tepat dan solutif? Atau memang belum diwujudkan dan tidak sesuai permintaan konsumen. Dengan informasi ini, kamu dapat menggabungkan dan membuat ide bisnis baru yang inovatif , kreatif dan kompetitif.

Secara umum, ada tiga langkah yang harus kamu lalui, yaitu: memahami, meniru, dan modifikasi. Contoh tentang hal ini yaitu moda transportasi sepeda motor online yang muncul karena kebutuhan transportasi tinggi, dan meningkatkan jasa transportasi sepeda motor konvensional sebagai media transportasi dan pengiriman barang.

4. Uji ide bisnis

Ketika poin sebelumnya sudah kamu riset dan sudah menemukan masalah atau kebutuhan yang dibutuhkan oleh pasar, selanjutnya kamu bisa melakukan pengujian gagasan yang telah kamu temukan, apakah ide kamu dapat diterima oleh pasar dan menyelesaikan masalah atau tidak.

5. Studi tentang tren masyarakat

Pola konsumsi seringkali dipengaruhi oleh tren yang berkembang. Katakanlah pada waktu yang lalu, trend makanan ringan seperti es boba atau dalgoda. Secara bersamaan, pasar ingin membuat produk serupa dan mulai memunculkan pengusaha baru yang juga ingin menjual produk serupa.

Namun, tantangannya di sini adalah memodifikasi produk yang telah menjadi tren dan memiliki banyak permintaan. Jika kamu tidak membuat modifikasi, maka produk kamu akan sama dengan pesaing lain, dan sangat sulit untuk memenangkan kompetisi. Oleh karena itu, lihat bidang-bidang ini, dan berikan aspek-aspek produk inovatif, kreatif dan lebih unggul dari pesaing.

6. Berpikir kreatif dan berbeda

Ketika orang membangun bisnis berdasarkan apa yang sudah ada, kamu harus mencari ide bisnis yang solutif untuk pasar. Kita dapat melihat bagaimana konsep belanja online yang diprakarsai oleh penjual online yang bisa sukses karena tidak mengikuti kebiasaan transaksi konvesional yang harus bertemu dan tatap muka secara langsung.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara berpikir kreatif terutama dalam menjalankan bisnis.

x