Jika Air Dingin Dicampur dengan Air Panas maka Akan Terjadi Peristiwa?

Jika air dingin dicampur dengan air panas maka akan terjadi peristiwa? Saat cuaca panas, minum air dingin tentu menjadi salah satu penyejuk dahaga yang nikmat. Tapi pernahkah kamu mendengar jika kita tidak boleh mencampur minuman dingin dan minuman panas di saat bersamaan dalam gelas kaca karena bisa mengakibatkan gelas tersebut pecah, Mengapa demikian?

Nah, Jika air dingin dicampur dengan air panas maka akan terjadi peristiwa perpindahan panas (kalor), yaitu dari air panas ke air dingin, sehingga suhu keduanya mengalami penyesuaian atau sama setelah proses bercampur.

Penyesuaian ini membuat suhu pada gelas mengalami perubahan drastis atau ekstrim, sehingga membuat gelas mengalami kerusakan atau pecah.

Pembahasan mengapa Jika air dingin dicampur dengan air panas maka akan terjadi peristiwa perpindahan panas atau kalor?

Kondisi ini bisa terjadi karena terjadinya perbedaan suhu antara dua benda atau tempat, di mana keduanya memiliki tingkat suhu yang berbeda. Sehingga, hal itu membuat terjadi perpindahan panas.

Arah perpindahan panas atau kalor sendiri cukup unik, yaitu benda atau tempat yang memiliki suhu lebih tinggi, akan berpindah pada suhu benda satunya yang memiliki suhu lebih rendah. Perpindahan suhu ini terjadi agar mengalami kesetaraan suhu dari suhu dua benda tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, air panas yang memiliki suhu lebih tinggi dari air dingin, akan mengalami perpindahan panas atau kalor pada air dingin yang suhunya lebih rendah. Suhu pada air dingin pun akhirnya akan menyerap kalor dari air panas tersebut.

Panas pu akan bisa berpindah. Nah, perpindahan pada kalor atau panas sendiri bisa terjadi tiga cara yaitu, konduksi, konveksi dan radiasi. Konduksi dan konveksi membutuhkan materi atau benda lain sebagai medium mentransfer panas, sedangkan radiasi tidak memerlukan perantara karena menggunakan udara sebagai mediumnya.

Nah itulah jawaban jika air dingin dicampur dengan air panas maka akan terjadi peristiwa perpindahan kalor.

x