Jelaskan Pengertian Sistem Operasi? Ini Penjelasannya

Jelaskan pengertian sistem operasi – Setiap komputer memerlukan sistem operasi sehingga dapat dijalankan dan digunakan. Dalam hal ini, sistem operasi (OS) pada komputer ditugaskan untuk melakukan kontrol dan manajemen pada operasi sistem dasar, termasuk menjalankan perangkat lunak (perangkat lunak) dan perangkat keras (perangkat keras).

Jelaskan pengertian sistem operasi? Ini jawaban menurut ahli

Menurut Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus dalam Buku Sistem Operasi (2010), sistem operasi adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah dan menjalankan perangkat yang mereka miliki, agar sesuai dengan yang diinginkan.

Jenis-jenis sistem operasi

Sistem operasi utama yang digunakan oleh komputer publik dibagi menjadi 3 kelompok:

Sistem operasi Microsoft Windows

Antara lain, ini terdiri dari Versi Windows Desktop (versi 1.x ke 3.x versi), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows Me), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (tujuh) Dirilis pada tahun 2009, Windows 8 dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Last, Windows 10 (dirilis pada Juli 2015)).

2. Sistem operasi Unix

Yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, BSD Family, GNU / Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.) Mac OS / X (BSD berbasis BSD dimodifikasi, dan dikenal sebagai Darwin ) dan GNU / HURD.

3. Sistem operasi Mac OS

Sistem operasi ini adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi terbaru adalah Mac OS X versi 10.15 (Catalina).

Fungsi sistem operasi

Fungsi utama dari sistem operasi adalah untuk mengelola sumber daya yang ada di komputer. Selain itu, sistem operasi juga berfungsi untuk menyediakan layanan kepada pengguna, sehingga dapat lebih mudah ketika memanfaatkan berbagai sumber daya komputer.

Fungsi utama OS dalam melaksanakan kebutuhan untuk setiap proses dibagi menjadi empat, yaitu:

1. Manajemen memori

Manajemen memori dibagi menjadi dua fokus utama, yaitu memori primer dan main memori. Dimana memori primer adalah persyaratan penyimpanan presidensial seperti RAM. Memori utama adalah penyimpanan yang dapat diakses langsung melalui

CPU. 2.

Manajemen perangkat sistem operasi juga memiliki fungsi untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui setiap driver. Untuk program yang memainkan peran dalam menangani ini adalah pengontrol I / O.

3. Manajemen file

Fungsi ketiga, OS juga dapat digunakan untuk mengkonfigurasi dokumen, mulai dari tahap awal hingga akhir yang mengatur kebutuhan rinci untuk informasi apa pun. Kemudian, mengelola lokasi file, mengubah dan fitur lainnya. Fase pengaturan disebut sistem file yang biasanya termasuk dalam direktori pencarian untuk memudahkan penggunaannya.

4. Manajemen prosesor

Fungsi sistem operasi terakhir adalah untuk mendukung proses multiprogramming untuk menentukan fase mana yang menggunakan prosesor dalam periode waktu tertentu. (Ol-1).

Itulah beberapa contoh dan penjelasan mengenai sistem operasi pada komputer.

x