Jelaskan Pengertian Lingkungan Hidup

Jelaskan pengertian lingkungan hidup – Lingkungan merupakan seluruh faktor luar yang saling mempengaruhi suatu organisme, faktor ini beragam dan dapat berupa organisme hidup, (biotic factor) dan ada juga variabel-variabel lain yang tergolong tidak hidup (abiotic factor).

Apabila disimpulkan, lingkungan hidup merupakan kesatuan antara ruang dengan semua benda, daya dan makhluk hidup di dalamnya, termasuk juga manusia dan perilakunya, sehingga bisa mempengaruhi alam itu sendiri. Dalam ilmu ekologi, alam dipandang sebagai sebuah jalinan dari sistem kehidupan yang memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Dari kesimpulan tersebut, dapat disimpulkan setiap makhluk hidup berada dalam suatu proses penyesuaian diri atau adaptasi dalam sistem kehidupannya, di mana hal itu dipengaruhi oleh asas-asas dalam mempertahankan kelangsungan kehidupan ekologinya.

Pengertian lingkungan hidup juga cukup beragam. Ada pula beberapa penjelasan tersendiri tentang apa pengertian lingkungan hidup itu. Berikut beberapa penjelasannya.

Pengertian lingkungan hidup lainnya

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang bersama seluruh benda, kekuatan, kondisi dan makhluk hidup, terhitung manusia dan perilakunya, yang berpengaruh pada alam tersebut. Keseluruhannya bisa mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan juga makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup juga bisa digambarkan sebagai segala sesuatu yang tersedia di luar organisasi, meliputi: (1) lingkungan mati (Abiotik), yaitu lingkungan di luar organisme hidup yang terdiri dari benda atau faktor alam yang bukan hidup lainnya, layaknya bahan kimia, suhu, cahaya, gravitasi, atmosfer dan lainnya. (2) Lingkungan hidup (Biotik) yaitu lingkungan yang terdiri atas organisme hidup, layaknya tumbuhan, fauna dan manusia.

Lingkungan juga bisa diartikan sebagai faktor yang membentuk lingkungan organisme, terutama komponen-komponen lain yang dapat merubah perilaku, reproduksi dan kelestarian organisme tersebut.

Pendapat lain juga menyatakan jika lingkungan hidup adalah seluruh benda, kekuatan dan juga situasi, terhitung di dalamnya manusia dan tingkah-perbuatannya, yang terdapat di dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia termasuk juga makhluk hidup lainnya.

Menurut Otto Soemarwoto, lingkungan hidup dapat diartikan sebagai ruang yang ditempati sebuah makhluk hidup secara bersama-sama dengan benda hidup lainnya ataupun yang tak hidup di dalamnya.

Secara mudah, lingkungan hidup juga bisa diartikan sebagai segala benda, keadaan, suasana dan efek yang terdapat di dalam ruangan yang ditempati manusia saat ini, dan bisa merubah makhluk yang hidup di dalamnya, termasuk juga kehidupan manusia.

Lingkungan memainkan peran penting didalam kehidupan dan keberlangsungan makhluk di planet bumi. Bumi adalah tempat tinggal bagi berbagai spesies makhluk hidup dan seluruhnya bergantung terhadap lingkungan alam, termasuk untuk makanan, udara, air, dan keperluan lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk setiap individu turut serta menyelamatkan dan melindungi lingkungan alam yang ada di bumi.

x