Floating Serve dalam Permainan Bola Voli adalah Teknik Servis dengan Laju Bola?

Floating serve dalam permainan bola voli adalah teknik servis dengan laju bola? – Servis dalam bola voli sangat penting. Servis adalah cara pertama untuk memenangkan permainan olahraga ini. Walau bagaimanapun, kegagalan dalam melakukan teknik servis bisa mempengaruhi hasil pertandingan bola voli, oleh karena itu apabila kamu melakukan servis kamu harus tahu bagaimana melakukan teknis servis dengan benar. Salah satu jenis teknik servis yang cukup umum adalah floating serve.

Floating serve dalam permainan bola voli adalah teknik servis dengan laju bola melambung

Teknik melakukan floating serve

Secara umum, servis dalam bola voli dibahagikan dengan servis atas dan yang lebih rendah. Kedua jenis servis ini dibahagiakan menjadi beberapa sub-jenis lagi. Lalu, bagaimana jika kamu ingin melakukan floating serve?

Sikap awal

  1. Sikap awalnya adalah dengan mempersiapkan posisi badan seperti pinggul dan bahu. Membentuk sudut untuk menargetkan arah tembakan servis.
  2. Tumpuan tubuh dari kaki kanan sedikit ke depan dibanding kaki kiri, pandangan fokus pada bola.
  3. Bagian belakang kaki kanan agak diseret untuk membuat tubuh lebih mudah mengunci pinggul, lalu posisikan siku lengan diangkat ke arah bahu.
  4. Lambungkan bola dengan tangan kiri, dengan posisi tangan seolah menunjuk bola sebagai penghubungnya.
  5. Pinggul dan bahu agak memutar membentuk sudut untuk mempermudah menargetkan pukulan, lalu posisikan siku dan tangan agak terbuka.

Memukul bola

  1. Pergelangan tangan harus dikunci ketika mata sudah kontak dengan bola, lalu pertimbangkan ketinggian yang tepat saat memukul.
  2. Posisi lengan agar bisa memukul lurus dan tepat dengan ketinggian bola. Jaga posisi agar tetap sama sampai bola kontak dengan tangan.
  3. Bersamaan dengan itu, seret kembali kaki lalu maju sejalannya bahu untuk memukul bola.
  4. Telapak tangan pada saat melakukan servis bola voli agak terbuka, dan posisi tubuh berada di bawah bola voli ketika akan memukul.
  5. Telapak tangan berguna sebagai penopang agar bola bisa dipukul dengan sempurna sesuai arah yang ditentukan.

Jadi, ketika melakukan floating serve dalam permainan bola voli, maka teknik servis dilakukan dengan laju bola melambung