Senam yang Gerakannya dengan Alat dan Dilakukan di atas Matras Disebut Senam?

Senam yang gerakannya dengan alat dan dilakukan diatas matras disebut senam? Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Meski dilakukan di dalam ruangan saja, atau indoor, beberapa jenis olahraga ini terbukti bisa membantu kamu menjaga tubuh agar lebih sehat dan bugar.

Nah, salah satu olahraga tersebut adalah senam. Ada berbagai jenis senam yang bisa kamu lakukan. Salah satu jenis senam tersebut, ada yang membutuhkan alat dan matras sebagai alat penunjangnya.

Senam yang gerakannya dengan alat dan dilakukan diatas matras disebut senam lantai

Apa itu Senam lantai

Senam lantai adalah salah satu olahraga yang berguna untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.
Meskipun terlihat sederhana dan tak membutuhkan banyak tenaga, namun jenis senam ini tidak juga membutuhkan keterampilan tambahan. Khususnya, pada gerakan yang menonjolkankeindah, kelenturan, keseimbang, dan feleksibilitas tubuh. Untuk itu,

Senam lantai adalah salah satu olahraga yang gerakannya dilakukan di lantai dan menggunakan matras sebagai alasnya. Senam ini menggabungkan gerak, kekuatan, kecepatan, dan kelenturan tubuh.

Peran matras pada senam lantai sendiri yaitu untuk mengurangi resiko cedera. Hal ini karena pergerakan pada senam lantai banyak berkontak langsung dengan lantai, seperti berguling-guling dan gerakan seperti melompat.
Idealnya, area matras untuk senam lantai adalah 12 x 12 meter dengan luas ruangan 14 x 14 meter. Matrasnya sendiri memiliki ketebalan sekitar 0,045 meter.

Gerakan senam lantai terdiri dari gerakan dengan alat maupun tidak

1. Senam tanpa peralatan

Senam lantai bisa dilakukan tanpa alat, meski begitu tetap membutuhkan matras sebagai pelindungnya.

2. Senam dengan alat

Dilakukan dengan menggabungkan beberapa elemen gerakan. Gerakan dalam latihan ini membutuhkan beberapa alat pendukung agar bisa mendapatkan efek yang lebih baik.

Manfaat senam lantai

  1. Melatih kelincahan tubuh
  2. Memperkuat otot-otot lengan, paha, pinggang, kaki, dada, dan perut
  3. Membakar lemak tubuh
  4. Meningkatkan kekuatan jantung dan sirkulasi darah
  5. Melatih kekuatan dan keseimbangan fisik

Lantai senam juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.
Manfaat latihan senam lantai secara fisik yaitu bisa menunjang kebugaran fisik dan keterampilan motorik.Senam ini juga terdiri dari berbagai gerakan untuk melatih daya tahan otot, kekuatan, fleksibilitas, koordinasi, kelincahan, dan menyeimbangkan tubuh.

Beberapa jenis gerakan senam yang menuntut kekuatan dan kecepatan tubuh, seperti flik-flak, salto, kontra salto, dan lainnya

x