Peristiwa yang Berhubungan dengan Naiknya Magma dari dalam Perut Bumi Disebut?

Peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi disebut? Letusan gunung adalah peristiwa yang terjadi karena endapan magma di perut bumi yang didorong oleh gas bertekanan tinggi. Letusan ini membuat naiknya magma dari isi perut bumi. Kondisi naiknya magma yang di mana memiliki suhu yang sangat tinggi, menimbulkan retakan yang bisa membuat bergesernya pelat kulit bumi. Magma yang keluar dari perut gunung berapi disebut dengan istilah vulkanisme.

Jadi, peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi disebut dengan vulkanisme

Apa itu Vulkanisme

Vulkanisme adalah peristiwa yang berkaitan dengan keluarnya magma dari perut bumi menuju permukaan bumi melalui fraktur di kerak bumi. Magma ini berbentuk cair dan berwarna merah terang karena tingginya suhu di dalamnya. Magma bergerak ke permukaan bumi melalui diatrema, yang merupakan saluran seperti pipa. Jika tiba di permukaan bumi, maka magma tersebut disebut dengan lava.

Aktivitas magma sendiri beragam, misalnya dapat menyebabkan vulkanik, seperti jenis letusan, bentuk gunung berapi, dan lainnya.

Peristiwa vulkanisme sendiri memiliki gejala yang dapat diamati, yaitu diawali dengan peristiwa sebelum terjadinya vulkanisme (pra-vulkanisme) dan gejala setelah terjadinya vulkanisme (pasca vulkanisme).

1. Gejala pra-vulkanisme

  1. Terjadinya gempa bumi yang cukup sering
  2. Banyak sumber air mengalami kekeringan
  3. Meningkatnya suhu di sekitar kawah
  4. Terdengar suara seperti raungan dari gunung merapi
  5. Binatang berpindah dari atas gunung ke lereng gunung

2. Gejala pasca-vulkanisme

  1. Munculnya sumber gas seperti sulfur
  2. Munculnya mata air panas atau geyser
  3. Munculnya sumber air yang mengandung mineral seperti sulfur atau belerang

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang peristiwa vulkanisme. Jadi, peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi disebut dengan vulkanisme.