Peristiwa Berikut yang Tidak Berhubungan dengan Tekanan Adalah?

Peristiwa berikut yang tidak berhubungan dengan tekanan adalah? Salah satu pembahasan dalam pelajaran fisika adalah soal tekanan. Nah, mungkin kamu pernah menemukan pertanyaan seperti berikut:

Peristiwa berikut yang tidak berhubungan dengan tekanan adalah?

  1. Paku runcing mudah ditancapkan di papan
  2. Gerobak kecil mudah didorong
  3. Pisau tajam mudah untuk memotong
  4. Menjinjing beban dengan tali kecil terasa sakit di tangan
  5. Semua jawaban benar

Dari pilihan pertanyaan di atas, jawaban yang benar adalah pilihan soal ke-2 atau gerobak kecil mudah didorong.

Mengapa jawabannya itu? Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Tekanan tentu berkaitan dengan gaya yang bekerja pada tingkat tertentu. Tekanan berbanding lurus dengan gaya dan berbanding terbalik dengan luas tekanan. Semakin besar gaya, semakin besar tekanan yang dialami oleh objek. Namun, semakin besar luas bidang tekanan, semakin kecil tekanan.

Untuk mengetahui peristiwa yang terkait dengan tekanan, perlu ditinjau apakah kegiatan tersebut melibatkan jumlah besaran gaya dan tekanan yang luas atau tidak.

Beberapa peristiwa yang terkait dengan tekanan seperti paku yang runcing lebih mudah dipasang di papan, pisau tajam lebih mudah memotong, dan membawa beban dengan tali berukuran kecil bisa membuat tangan terluka.

Dengan demikian, peristiwa berikut yang tidak terkait dengan tekanan adalah gerobak kecil mudah didorong karena mereka hanya meninjau beban atau kuantitas.

Tekanan dalam hukum fisika

Penjelasan sebelumnya menyebutkan tekanan terkait erat dengan gaya, lebar, volume, dan suhu. Tekanan biasanya digunakan untuk menghitung kekuatan objek seperti cairan ke gas.

Ketika gaya yang diberikan pada suatu objek semakin besar, tekanan yang dihasilkan juga akan lebih besar. Konsep paling sederhana, tekanan berbanding lurus dengan gaya.

Hal ini juga mempengaruhi area permukaan objek. Semakin luas permukaan objek, maka tekanan yang dihasilkan akan lebih kecil. Luas tekanan dan permukaan objek memiliki perbandingan terbalik.

Jenis tekanan zat

Ada dua jenis tekanan dalam fisika yang perlu diketahui. Kedua tekanan ini adalah tekanan dari zat cair dan gas. Tekanan zat cair adalah tekanan hidrostatik, dan tekanan zat gas adalah tekanan udara. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis tekanan tersebut:

Tekanan cair

Tekanan hidrostatik terjadi pada air dengan kondisi diam. Ada tiga hal yang dapat mempengaruhi tekanan hidrostatik.

Pertama kedalaman benda cair, kedua massa air, dan ketiga gaya gravitasi bumi. Semakin dalam air, semakin besar tekanan yang diproduksi. Hal ini juga berlaku untuk, massa zat cair. Semakin massanya semakin besar tekanannya.

Peran tekanan hidrostatik sangat penting untuk struktur pengembangan pembangunan, terutama reservoir air, seperti tenaga air dan bendungan. Dua hukum yang mengatur tekanan zat cair adalah hukum Archimedes dan Pascal.

Tekanan gas

Tekanan gas adalah tekanan udara. Tekanan ini memindahkan massa udara di setiap unit bidang yang luas. Tekanan gas memiliki perbandingan terbalik dengan ketinggian suatu tempat. Semakin tinggi tempat, semakin rendah kondisi udara.

Untuk mengukur tekanan gas adalah Manometer Merkuri Terbuka, Manometer Merkuri Tertutup, dan Manometer Bourdon atau Logam. Menurut fisikawan, Robert Boyle, ada dua hukum tekanan udara, yaitu:

1. Hasil tekanan dan volume gas di ruang tertutup selalu tetap, asalkan suhu gas tidak berubah.

2. Semakin tinggi tekanan udara dalam wadah, semakin rendah volume wadah. Begitu juga sebaliknya.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan peristiwa berikut yang tidak berhubungan dengan tekanan adalah? Gerobak kecil mudah didorong.