Jelaskan Syarat Bambu yang Baik untuk Dapat Digunakan sebagai Bahan Anyaman

Jelaskan syarat bambu yg baik untuk dapat digunakan sebagai bahan anyaman? Sejak bangku sekolah dasar, mungkin kamu pernah mendapat tugas prakarya kesenian seperti menganyam. Seni anyaman sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menindih dan menyilangkan lembar daun yang dianyam sehingga membentuk suatu benda yang memiliki nilai guna dan ekonomi serta memiliki tampilan yang lebih indah dan menarik.

Bahan-bahan yang digunakan untuk proses penganyaman sendiri cukup beragam. Salah satunya seperti bilah atau lembaran-lembaran yang bisa kamu dapatkan dari bahan utama bambu, daun pandan, janur, rotan, ataupun menggunakan kulit binatang.

Menganyam termasuk bentuk kerajinan tangan. Aktivitas ini terbilang lumrah dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Bahkan di beberapa daerah, aktifitas ini termasuk budaya dan kegiatan turun temurun. Hasilnya pun beragam, seperti hiasan dinding, alat dapur, tikar, atau dinding. Kebanyakan, hasil tersebut memang dijual sebagai souvenir dibandingkan dipergunakan sendiri.

Nah, kembali ke topik utama. Apa sih syarat bambu yg baik untuk dapat digunakan sebagai bahan anyaman? Berikut penjelasannya

Syarat bambu yang baik untuk dapat digunakan sebagai bahan anyaman

Bambu yang digunakan harus memiliki kriteria yang baik, seperti seratnya yang halus, bentuknya yang panjang dan teksturnya yang lentur. Contohnya seperti bambu apus.

Seperti penjelasan sebelumnya, anyaman merupakan teknik membuat karya seni rupa. Bahan untuk kegiatan menganyam sendiri disebut lungsi dan pakan. Lungsi merupakan bahan anyaman yang menjadi bahan dasar dari media menganyam tersebut, sedangkan pakan adalah bahan anyaman yang digunakan sebagai media anyaman yang dilakukan dengan cara memasukkannya ke dalam bagian lungsi yang sebelumnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu untuk kemudian dianyam.

Kerajinan anyam sendiri bisa dibilang sebagai salah satu warisan dari kebudayaan yang dimiliki manusia sejak zaman prasejarah dahulu. Hingga saat ini pun, kerajinan dari hasil anyaman kian berkembang dan tetap menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Nah, itulah jawaban dari penjelasan mengenai syarat bambu yang baik untuk dapat digunakan sebagai bahan anyaman.

x