Jelaskan Sistem Peredaran Darah pada Ikan

Jelaskan sistem peredaran darah pada ikan? Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan oksigen untuk bernafas. Seperti halnya manusia, hewan dan tumbuhan pun membutuhkannya. Pada hewan mislanya, oksigen akan dibawa ke otak melalui peredaran darah.

Meski begitu, tak semua hewan memiliki sistem peredaran darah pada hewan sama. Sebagai contoh, kami bisa melihat sistem peredaran pada ikan. Nah, untuk kamu yang belum tahu, berikut penjelasan sistem peredarah darah pada ikan.

Bagaimana sih sistem peredaran darah pada ikan itu?

Sistem peredaran darah pada ikan adalah sistem peredaran tunggal

Apa yang dimaksud dengan peredarah darah tunggal?

Peredaran darah tunggal artinya hanya ada satu jalur sirkulasi darah saja yang beredar. Mulai dari jantung, hingga peredaran darah menuju insang untuk dilakukan pertukaran oksigen. Selanjutnya, darah akan mengalir ke aorta dorsal dan disebar untuk disalurkan ke semua organ tubuh ikan melalui saluran kecil.

Selain itu, beberapa darah juga akan dikembalikan langsung ke jantung. Darah berperan membawa material dan kandungan penting bagi rubuh sekaligus sebagai perantara atau difusi melalui dinding tipis darah kapiler, dan kembali ke jantung melalui pembuluh darah kedua. Pembuluh darah pertama pada ikan disebut sistem arteri dan kedua disebut sistem vena.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan mengenai penjelasan sistem peredarah darah pada ikan.

x