Dengan Seni Kita Dapat Memperoleh Kenikmatan sebagai Akibat dari Refleksi

Dengan seni kita dapat memperoleh kenikmatan sebagai akibat dari refleksi? Seni merupakan interpretasi dari nilai dan budaya yang berasal dari dalam diri manusia. Seni sendiri bisa memberikan refleksi pada diri manusia. Dengan seni kita dapat memperoleh kenikmatan sebagai akibat dari refleksi perasaan secara alamiah dalam diri manusia.

Sehingga, seni bisa memberikan kenikmatan sebagai akibat dari refleksi perasaan

Dengan seni kita dapat menikmati kenikmatan akibat dari refleksi perasaan dan rangsangan yang kita terima. Kenikmatan seni ini kesenangan atau kebahagian secara fisik, tetapi lebih pada respon dan perasaan akan simbol estetik dari seni itu sendiri. Dalam kasus ini seni memainkan peran dan nilai dalam perasaan manusia.

Sebagai contoh, mungkin kamu pernah mendengar lagu sedih yang bisa membuat kamu menangis dan emosional. Saat mendengar lagu tersebut, kamu sangat menghayati dan meresapi lagu tersebut. Sehingga, kamu begitu menikmati dari setiap nada dan syair lagu yang kamu dengarkan tersebut.

Sejak era peradaban prasejarah dahulu, kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari seni. Nenek moyang terdahulu bahkan membuat lukisan primitif di dinding goa di rumahnya, membuat perkakas, dan perhiasan dari tulang di sekitarnya. Kemudian mereka bernyanyi dalam upacara ritual dan sebagainya. Hal ini merupakan bentuk dan ekspresi dari seni dan kepercayaan yang mereka percayai.

Pada zaman modern, perkembangan seni semakin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sehingga perkembangan seni seolah-olah dirasakan. Terlepas dari pemikiran tersebut, fungsi seni bisa diperincikan sebagai berikut:

  1. Memenuhi pencipta karya tersebut untuk memenuhi kepuasannya sendiri
  2. Memberikan keindahan yang bisa dinikmati secara luas dengan penilaian yang berbeda-beda
  3. Menyampaikan nilai-nilai kebudayaan dan pesan yang disampaikan oleh pencipta karya tersebut
  4. Sebagai instrumen ritual keagamaan
  5. Sebagai media atau alat untuk memperingati acara tertentu
x