Bagaimana Arah Gerak Bumi Dibandingkan dengan Arah Gerak Jarum Jam?

Bagaimana arah gerak bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam? Bumi melakukan dua gerakan alami yang disebut rotasi dan revolusi. Pergerakan revolusi Bumi adalah pergerakan bumi di sekitar matahari.

Sementara rotasi bumi adalah perputaran atau orbit Bumi pada sumbu atau porosnya. Gerak rotasi ini menyebabkan area di sepanjang khatulistiwa bergerak cepat, sementara di daerah kutub, gerakannya sangat lambat. Jika kita melihat langsung dari atas Kutub Utara, maka bumi berotasi berlawanan arah jarum jam (arah negatif), yaitu dari arah barat menuju ke timur.

Lalu, bagaimana arah gerak bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam?

Jawabannya, arah gerak bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam yaitu berlawanan arah, tepatnya dimulai dari arah barat menuju ke timur.

Pada dasarnya, gerakan rotasi bumi mengacu pada pergerakan perputaran planet bumi pada sumbunya. Peristiwa gerakan tersebut membuat setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam, meskipun dengan panjang siang dan malam yang bervariasi.Ketika rotasi bumi berputar pada porosnya maka memerlukan waktu hingga 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik.

Hubungan dengan revolusi bumi

Gerakan melingkar bumi dalam mengelilingi matahari terjadi selama setahun, yaitu 365.2425 hari. Jadi, revolusi Bumi mengelilingi matahari tidak sesuai dengan gerakan Bumi pada porosnya. Dari sini kita memiliki tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahun sekali.

Nah, itulah jawaban dan penjelasan dari bagaimana arah gerak bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam.