Apakah yang Dimaksud dengan Perpindahan Panas Secara Radiasi?

Apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi – Radiasi adalah perpindahan panas atau panas langsung dari sumber panas ke lingkungan atau benda lainnya tanpa melalui media apa pun. Kita mungkin sering merasakan perpindahan panas radiasi dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita tidak menyadarinya.

Jadi, apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?

Jawabannya, perpindahan panas radiasi adalah perpindahan panas tanpa bantuan zat perantara. Perpindahan panas radiasi biasanya disertai dengan cahaya.

Contoh perpindahan panas secara radiasi

  1. Panas matahari terasa hingga ke bumi
  2. Tubuh terasa hangat ketika dekat dengan sumber api
  3. Menetas telur unggas dengan batuan panas lampu
  4. Pakaian menjadi kering saat dijemur di bawah sinar matahari panas

Perpindahan panas secara radiasi jika dilihat dari perspektif energi panas

Energi panas adalah salah satu sumber energi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, berbagai peralatan elektronik juga berasal dari energi panas. Dalam ilmu sains, perpindahan panas dibagi menjadi tiga cara yaitu konduksi, konveksi dan radiasi.

Cara yang paling mudah dipahami adalah perpindahan panas radiasi. Jadi, disimpulkan apa yang dimaksud dengan perpindahan panas radiasi? Maka jawabanya adalah perpindahan energi panas langsung dari sumber panas. Radiasi adalah metode perpindahan panas yang paling sering ditemukan alam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh perpindahan panas radiasi adalah sebagai berikut.

1. Sinar matahari

Sinar matahari adalah hasil dari perpindahan panas radiasi. Panas matahari bisa sampai ke bumi hanya dalam 8 menit melalui gelombang elektromagnetik.

2. Proses pembuatan ikan asin

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah pesisir tentu sering menemukan orang yang sedang mengeringkan ikan. Nah, proses pembuatan ikan asin dilakukan dengan cara radiasi, yaitu dari panas matahari kemudian diterima oleh ikan sehingga menjadi kering.

3. Api unggun

Api unggun yang kita buat tentu bisa menghangatkan tubuh. Hal ini dikarenakan panas api unggun berpindah secara radiasi ke tubuh kita dan benda-benda di sekitarnya.

4. Lampu inkubator

Untuk peternak ayam, keberadaan lampu inkubator sangat penting dalam membantu memanas telur dan anak ayam. Perpindahan panas cahaya lampu inkubator ini akan menyebar ke ruangan dalam inkubasi. Akibatnya suhu pada inkubator akan tetap hangat.

5. Pakaian kering

Pakaian yang dijemur adalah salah satu bukti perpindahan panas secara radiasi. Pakaian basah yang kemudian kering setelah pengeringan di bawah sinar matahari adalah salah satu contoh perpindahan panas radiasi.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi.