Produk Hiasan yang Ditemui di Dalam Rumah Biasanya Disebut Dengan?

Produk hiasan yang ditemui di dalam rumah biasanya disebut dengan? Rumah tak hanya berperan sebagai tempat tinggal semata. Di sisi lain, rumah juga menjadi identitas si pemilik. Tak heran, banyak pemilik yang merenovasi rumahnya sesuai dengan keinginan pribadinya. Tak hanya dari segi desain, namun juga produk hiasan yang digunakannya.

Mungkin kamu sering mendengar istilah produk hiasan rumah, namun tahukah kamu, produk hiasan yang ditemui di dalam rumah biasanya disebut dengan istilah apa?

Jawabannya adalah interior

Apa sih interior itu?

Sederhananya, interiornya merupakan bagian dari ruangan dalam bentuk tatanan fisik, seperti furnitur, yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan fasilitas dari ruangan tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interior memiliki arti dalam ruangan atau fasilitas (ornamen dan sebagainya) di ruang tersebut.

Interior juga dapat diartikan sebagai tatanan fisik yang dapat memenuhi kebutuhan akan fasilitas di dalam ruangan tersebut. Termasuk dalam menentukan bentuk ruangan itu sendiri.

Sementara itu, pengertian desain interior adalah perencanaan, pengorganisasian, dan perencanaan ruang di gedung.

Interior terdiri dari berbagai elemen pembentuk dasar. Karena desain interior adalah salah satu cabang ilmu seni, elemennya juga serupa dengan elemen seni lainnya. Elemen tersebut mencakup garis, titik, bidang, tekstur, warna, dan lainnya.

Namun, khusus interior sendiri memiliki elemen-elemen berikut:

Lantai

Sebagai elemen interior, lantai adalah batas bawah untuk interior ruangan yang membentang secara horizontal. Dalam desain interior, ada banyak hal yang dapat diterapkan di lantai, seperti jenis bahan lantai, tinggi lantai, hingga bentuk lantai itu sendiri.

Dinding

Elemen interior berikutnya adalah dinding. Elemen interior ini membentang secara vertikal dan merupakan bidang yang paling dominan di ruang bangunan. Dinding dapat diterapkan dengan berbagai jenis bahan dan proses finishing, pembentukan bahan, hingga jenis pencahayaan.

Langit-langit

Plafon atau langit-langit adalah interior penghalang yang membentang secara horizontal di bagian atas interior. Langit-langit dapat dimodifikasi mulai dari penggunaan jenis bahan, perbedaan tinggi, dan bentuk varian.

Pintu

Interior ini juga termasuk pintu atau pembuka ruangan. Jenis elemen ini terdiri dari lubang Jendela, pintu, dan ventilasi. Dengan desain pintu yang baik, maka akan memperlancar sirkulasi udara, sehingga ruangan menjadi nyaman dan sehat.

Pencahayaan

Dalam interior ruang terbuka, elemen selanjutnya adakah pencahayaan. Untuk itu penting dalam mengatur pencahayaan dalam ruangan tersebut.

Nah, itulah sedikit tentang produk hiasan yang ditemui di dalam rumah biasanya disebut dengan interior.