Indonesia Merupakan Negara dengan Kekayaan Laut yang Begitu Besar, Pemaksimalan Potensi Laut Dapat Dilakukan dengan?

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar, pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan? – Ekonomi maritim merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, pelabuhan kapal, perawatan kapal, pembangunan pelabuhan serta semua industri dan jasa yang terkait dengan kemaritiman. Pemaksimalan potensi laut baik melalui ekonomi maritim atau ekonomi kelautan dapat diupayakan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pengarahan terhadap masyarakat pesisir. Sekecil apapun potensi laut yang ada, tentu dapat dioptimalkan dengan tepat dan secara bijaksana.

Karena Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar, pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan?

Jawabannya adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang cara-cara memanfaatkan sumber daya laut dengan cara yang bijaksana.

Cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi laut Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, mulai dari sumber daya yang terkandung di daratan hingga dasar lautnya. Tak heran, Indonesia mendapat sebutan sebagai negara maritim.

Sebutan ini tak sembarangan. Tentu saja karena Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah lautnya lebih luas dari daratannya.

Karena itu Indonesia memiliki kekayaan alam laut yang sangat beragam dan berlimpah dan indah. Selain itu, laut Indonesia juga memiliki potensi yang besar, bagi ekonomi bangsa. Mulai dari ikan yang melimpah, hingga sumber daya mineral seperti minyak bumi yang tertimbun di laut dasarnya. Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita juga harus bersama-sama menjaga keberlanjutan laut kita dengan:

  1. 1. Jangan mencemari laut
    2. Jangan merusak terumbu karang
    3. Jangan berburu flora dan fauna laut yang terancam punah
    4. Menanam terumbu karang secara berkala
  2. 5. Pemberlakukan hukuman tegas terhadap orang yang merusak ekosistem laut

Cara menggunakan kekayaan laut dengan baik, adalah sebagai berikut:

  1. 1. Menangkap ikan bukan dengan bahan peledak, karena dapat merusak terumbu karang
  2. 2. Menangkap ikan hanya yang sudah cukup dewasa
  3. 3. Menggunakan jaring yang aman dan tidak merusak terumbu karang dan membuat ikan kecil tertangkap. (Jika ikan yang masih kecil ikut tertangkap, maka bisa mengganggu kelangsungan hidup jenis ikan tersebut. Dalam artian, bisa membuat jenis ikan ini punah)
  4. 4. Jangan merusak terumbu karang ketika melakukan penelitian bawah laut.

Nah, sebagai warga negara Indonesia kita harus ikut serta menjaga dan berbagai pada potensi Indonesia yang merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar.