Deskripsikan Berbagai Bentuk Kerjasama yang Dilakukan Indonesia dengan Negara Lain

Deskripsikan berbagai bentuk kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain – Ada banyak negara di dunia. Dalam setiap negara, tentu memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda. Termasuk juga dalam urusan kerjasama dengan negara lainnya.

Dalam mengatasi masalah, khususnya yang menyangkut isu internasional, tentu negara membutuhkan bantuan dan hubungan kerjasama dengan negara lainnya. Ternyata tak hanya satu saja lho, ada banyak bentuk kerja sama antar negara..

Kolaborasi ini juga disebut sebagai kerja sama internasional. Lebih tepatnya, kerja sama internasional ini bertujuan untuk memajukan kemakmuran rakyat dan kepentingan lainnya sesuai dengan pedoman kebijakan luar negeri negara tersebut.

Contohnya pun bisa untuk kemajuan di bidang ekonomi, politik, keamanan, pendidikan, dan sebagainya.

3 Bentuk kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain

Hubungan luar negeri dalam bentuk kerja sama sendiri memiliki setidaknya 3 bentuk, termasuk kerja sama bilateral, kerja sama regional, dan kerjasama multilateral. Berikut adalah ulasan 3 deskripsikan bentuk kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain.

1. Kerjasama bilateral

Kerjasama bilateral adalah bentuk kerjasama yang dilakukan antara 2 negara saja. Sebagai contoh :

  1. Kerjasama Indonesia dengan Brunei Darussalam di bidang perdagangan ekspor impor.
  2. Kerja sama Indonesia dengan Thailand di bidang pengembangan pertanian dan produksi pertanian.
  3. Kerja sama Indonesia dengan Amerika Serikat di bidang politik, pertahanan dan keamanan, perdagangan, investasi, pariwisata, pengembangan, energi, lingkungan, ketahanan pangan, maritim, pasukan penjaga perdamaian dunia, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

2. Kerjasama Regional

Kerjasama regional adalah kerja sama yang saling terkait antar negara yang terletak di satu daerah atau wilayah tertentu. Contohnya adalah ASEAN.

3. Kerjasama multilateral

Kerjasama ini adalah kolaborasi yang dapat dilakukan 2 atau banyak negara tanpa batasan daerah atau wilayah tertentu. Contoh bentuk kerjasama Indonesia dalam hal ini adalah PBB.

Nah, itulah 3 bentuk bentuk kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain.