Perbedaan yang Mencolok antara Lari Jarak Pendek dan Jarak Menengah Terletak Pada?

Perbedaan yang mencolok antara lari jarak pendek dan jarak menengah terletak pada? – Perbedaan yang mencolok antara lari jarak pendek dengan jarak menengah terletak pada posisi start-nya.

Mengapa? Karena pada lari jarak menengah umumnya menggunakan start awalan berdiri (standing start). Selain start, perbedaan lainnya antara keduanya juga terletak pada jarak dan panjang lintasan yang ditempuh.

Teknik awalan crouching start atau start jongkok umumnya digunakan untuk pertandingan atau perlombaan lari jarak pendek. Teknik start jongkok tentu merujuk pada posisi permulaan pelari ketika mengawali lomba. Pelari akan menempatkan dirinya dengan posisi jongkok atau crouching di garis start. Start jongkok dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu start jongkok pendek, menengah, dan panjang.

Selain itu, perbedaan teknik berlari pada lari jarak menengah dan jarak pendek juga memiliki perbedaan ketika menapakkan kaki ke tanah.

Teknik menapakkan kaki pada lari jarak menengah dikenal dengan istilah ball hell ball. Pada saat melakukan start jongkok lari jarak pendek atau sprint, jari-jari kedua tangan akan diletakkan tepat di belakang garis start pada permukaan tanah, kemudian posisi ibu jari juga segaris dan membentuk huruf V.