Pengawet Digunakan dalam Pembuatan Bahan Makanan Karena?

Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena? Pengawet makanan bait yang berasal dari bahan alami maupun buatan, memang kerap digunakan untuk membuat makanan lebih tahan lama. Pengawet makanan dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri pada makanan sehingga makanan dapat bertahan lebih lama selama penyimpanan berlangsung.

Lantas, apa sih tujuan pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan?

Nah, jawabannya yaitu untuk mencegah reaksi kimia tertentu pada bahan makanan

Pengawet makanan berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri sehingga reaksi kimia yang disebabkan oleh mikroorganisme tersebut dapat dicegah, seperti terjadinya fermentasi dalam makanan dan minuman.

Pengawet makanan alami adalah pilihan yang tepat untuk menghindari risiko munculnya masalah kesehatan. Pengawet alami dapat diperoleh dari makanan seperti gula dan garam. Sementara pengawet buatan adalah pemanis dengan bahan sintetis kimia.

Contoh bahan pengawet makanan alami dan aman bagi kesehatan

Dari dua jenis pengawet tersebut, pengawet kimia memiliki sifat yang lebih stabil, terkonsentrasi, dan lebih penggunaanya pun lebih sedikit. Sayangnya, pengawet ini memiliki kelemahan, yaitu memberikan efek samping bagi kesehatan. Nah, untuk itu kamu bisa memilih menggunakan bahan pengawet makanan alami, seperti:

Garam

Pengawet makanan alami ini sudah digunakan sejak dahulu. Kandungan klorida dalam garam diyakini dapat membunuh pertumbuhan mikroorganisme, menyerap air pada makanan, dan mencegah makanan cepat basi. Selain mengawetkan makanan, garam juga memberikan rasa lezat untuk setiap makan.

Gula

Gula juga digunakan sebagai pengawet makanan alami sejak zaman kuno. Rasa manis gula akan membuat makanan terasa lebih lezat dan enak. Gula berguna untuk mengikat air pada makanan sehingga mencegah makanan busuk atau basi.

Cuka

Cuka adalah produk fermentasi dari acetobacter. Cuka bisa diperoleh dari berbagai bahan fermentasi yang berbeda-beda. Untuk jenis cuka yang biasa digunakan untuk memasak disebut cuka memasak.

Jenis cuka ini adalah cuka kimia dengan rasa asam yang kuat. Biasanya cuka mengandung asam asetat. Tidak hanya memberikan rasa asam pada makanan, cuka juga digunakan sebagai pengawet makanan. Produk yang biasanya menggunakan cuka untuk makanan adalah acar, kimchi, jeli, dan minuman.

Penggunaan cuka sebagai bahan pengawet makanan alami juga dapat menjaga warna dan mencegah buah dan sayuran mudah patah.

Nah, itulah penjelasan mengenai bahan pengawet yang digunakan dalam pembuatan bahan makanan.