Melempar Bola Basket Kepada Teman Satu Tim Disebut dengan Istilah

Melempar bola basket kepada teman satu tim disebut dengan istilah? Sama seperti olahraga sepak bola, dalam olahraga bola basket pemenang tim ditentukan dari poin tim yang mengumpulkan poin paling banyak. Caranya dengan memasukan bola ke dalam keranjang. Karena olahraga ini termasuk kedalam tim, maka antar tim harus saling bekerja sama dengan cara mengoper bola

Passing

Melempar bola basket kepada teman satu tim disebut dengan sebutan passing. Passing maupun mengumpan merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh para pemain bola basket. Karena, passing merupakan metode yang paling dasar dalam olahraga ini. Di dalam permainan ini, ada berbagai metode dasar yang harus dikuasai. Contohnya seperti mengumpan ataupun passing, menggiring bola ataupun dribbling, menembak ataupun shooting, rebound, dan gerakan memutar. Dalam permainan bola basket, penafsiran passing berarti membagikan ataupun memindahkan posisi bola pada rekan satu tim dengan cara melemparnya.

Metode passing atau mengumpan dalam bola basket

Melansir halaman Breakthrough Basketball, pada dasarnya terdapat 2 metode dalam melaksanakan passing, yaitu air pass dan bounce pass. Air pass merupakan metode mengumpan bola dengan cara melempar bola ke arah rekan satu tim dimana bola tidak memegang lantai. Sedangkan bounce pass merupakan melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke teman satu tim.

Dari 2 metode di atas, passing dapat dibagi ke beberapa jenis. Berikut ini merupakan cara- cara melaksanakan passing dalam olahraga bola basket:

1. Air pass

Air pass merupakan metode mengumpan dengan melempar bola ke arah rekan satu tim dimana bola tidak memegang lantai.

2. Bounce pass

Bounce Pass merupakan melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima.

Seorang pemain bola basket yang bertanding dengan lawan yang memiliki bentuk badan lebih besar, umumnya menggunakan teknik ini dalam melakukan operan kepada teman satu timnya.

3. Chest Pass

Chest pass merupakan metode mengumpan dalam bola basket di mana bola dilempar kepada rekan setim searah dada. Metode mengumpan ini menggunakan kedua tangan.

4. Overhead pass

Pada olahraga bola basket, istilah tertentu nyaris seluruhnya memakai bahasa asing, salah satunya ialah operan yang dicoba dengan 2 tangan diatas kepala disebut overhead pass.

Overhead pass merupakan metode melempar bola dari atas kepala( overhead). Tipe umpan ini sesuai dengan untuk melakukan operan jarak jauh. Tidak hanya itu, penerima bola umumnya juga yang berpostur besar.

5. Wrap around pass

Metode wrap around pass bisa dilakukan dengan melempar bola ke arah rekan setim melewati lengan pemain lawan yang melakukan gerakan membatasi atau blocking.

6. Baseball pass

Metode mengumpan bola basket yang satu ini memakai satu tangan ketika mengoper kepada teman setim. Metode mengumpan ini dilakukan dengan cara melempar bola dari atas maupun balik kepala. Tujuannya agar bola melambung dan melewati lawan.

7. Dribble pass

Dribble pass ialah metode melempar bola di mana satu pemain memberikan umpan kepada pemain lain setelah menggiring bola ( dribble). Caranya dengan melempar bola melewati balik punggung.

8. Hook pass

Hook pass merupakan metode mengumpan dengan satu tangan yang membentuk semacam kait (hook) dengan lengan ditekuk di samping tubuh. Setelah itu, ayunkan lengan yang dalam posisi membawa bola secara lurus dari samping tubuh ke atas kepala lawan.

9. Pick and roll pass

Sebelum melaksanakan pick and roll pass, kamu harus terlebih dahulu memahami apa itu gerakan pick and roll. Melansir halaman DBL Indonesia, pick and roll merupakan gerakan yang bertujuan membuka ruang supaya pemain dapat menembus wilayah pertahanan lawan. Cara menggunakan metode pick and roll pass yaitu dengan meminta rekan setim (screener) untuk menutup ruang gerak pemain lawan. Berikutnya, pemegang yang membawa bola akan melewati penjagaan lawan dengan menggiring bola melewati ruang di dekat screener. Setelah terdapat celah melaksanakan passing, lemparkanlah bola ke arah screener yang berlari mendekati ring.

Nah itulah penjelasan mengenai cara melempar bola basket kepada teman satu tim yang disebut dengan istilah passing.