Maksud dari Makanan yang Halalan Thayyiban Adalah?

Maksud dari makanan yang halalan thayyiban adalah? – Manusia membutuhkan makanan untuk menjalani berbagai aktivitasnya. Makanan tersebut akan diolah menjadi energi dan kandungan penting di dalamnya, seperti vitamin dan mineral pun akan diserap untuk menjaga asupan penting yang dibutuhkan tubuh.

Sebagai seorang muslim, tentu kita diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang halalan thayyiban. Tapi tahukah kamu apa sih maksud dari makanan yang halalan thayyiban

Jadi, maksud dari makanan yang halalan thayyiban adalah?

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Al-Qur’an sendiri memberikan perhatian yang serius akan hal ini karena berhubungan dengan kemaslahatan hidup manusia. Dalam bentuk apapun, ajaran Islam tujuannya adalah agar manusia mendapat maslahat di dunia dan di akhirat. Salah satunya yaitu aspek menyangkut kesehatan manusia melalui konsep halalan thayyiban.

Konsep halalan thayyiban merupakan sebuah konsep mengenai makanan dan minuman yang harus diamalkan umat Islam pada khususnya. Ruang lingkup dari konsep ini adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal sebagai dasar dan hukum yang wajib diikuti umat Islam, dan thayyiban (baik bagi kesehatan) yang pendekatannya dapat dilakukan secara medis atau uji standar kesehatan.

Dengan kata lain, dalam pemilihan makanan dan minuman kita harus memperhatikan konsep halal dan thayyib. Jika yang halal merupakan kewajiban yang harus diperhatikan maka thayyib juga demikian.

Konsep halalan thayyiban adalah sebuah konsep tentang kesehatan dari aspek makanan dan minuman yang menawarkan konsep kesejahteraan atau kemaslahatan manusia di dunia dan akhirat kelak dengan mengedepankan kehalalan dan baik untuk kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang maksud dari makanan yang halalan thayyiban. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka sebagai umat Islam kita harus memilih makanan yang halal dan baik untuk diri kita. Sebagai contoh, meski sebagian orang tidak masalah mengkonsumsi nasi putih biasa, namun untuk penderita diabetes kronis sebaiknya menggantinya dengan nasi atau beras yang lebih sehat seperti beras merah.