Jelaskan yang Dimaksud Teks Ulasan

Jelaskan yang dimaksud teks ulasan? – Mungkin kamu sudah tidak asing dengan video unboxing, review dan reaksi pada produk atau karya seni di platform video youtube. Tak hanya di platform tersebut, ulasan ini bisa disampaikan melalui media penulisan seperti blog pribadi. Apa sih sebenarnya teks ulasan tersebut?

Berikut ini penjelasan yang dimaksud dengan teks ulasan:

Teks ulasan adalah teks atau tulisan yang berisi ‘penilaian’ karya dalam bentuk drama, film, cerita pendek, maupun novel. Teks ulasan bertujuan untuk memberikan penilaian dari karya, pekerjaan atau peristiwa yang ditinjau tersebut. Tujuannya agar audiens bisa mengetahui keunggulan, kekurangan, kualitas dari karya tersebut. Sehingga hasil kritikan tersebut bisa menjadi masukan bagi pelaku atau orang dibalik karya dan pekerjaan tersebut.

Lebih lanjut tentang teks ulasan

Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan atau penilaian pekerjaan seperti film, buku, lagu, hingga karya sastra, dan seni lainnya. Teks ulasan juga disebut resensi.

Menurut Gerot dan Wignell, teks ulasan adalah teks yang memiliki fungsi untuk mengukur, menilai, dan memberikan kritik terhadap pekerjaan atau peristiwa yang ditinjau.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan hyland dan pendapat Diani, yang menyatakan arti teks tinjauan adalah teks yang meninjau dan menilai pekerjaan sastra yang sebagian besar merupakan tolok ukur untuk meningkatkan pemahaman pembaca.

Saat meninjau karya atau hasil pekerjaan melalui teks ulasan, penulis harus bisa memberikan ulasan yang berkontribusi pada kemajuan pekerjaan.

Tentu saja dalam kehidupan sehari-hari, sering kita menemukan berbagai jenis ulasan yang terkait dengan film, buku, lagu, sastra dan seni lainnya di surat kabar atau media lain, yang disebut sebagai teks ulasan.

Untuk memahami lebih banyak apa tinjauan terkait, kamu juga perlu tahu tujuan, karakteristik, dan jenis teks tinjauan.

1. Tinjauan teks ulasan

  1. Menceritakan dan mengundang pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan masalah yang terkandung dalam sebuah karya.
  2. Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk membeli, memilih, dan melakukan hasil pekerjaan tersebut.
  3. Memberikan informasi tentang pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan dari yang ditinjaunya.
  4. Memberikan pertimbangan kepada para pembaca apakah suatu hasil pekerjaan layak untuk dilakukan atau tidak.
  5. Memfasilitasi pembaca untuk memahami hubungan hasil pekerjaan pada karya serupa lainnya.
  6. Memberikan informasi terkait kelayakan suatu pekerjaan.
  7. Memberikan informasi perbandingan atau komprehensif terkait dengan karya lainnya.
  8. Membantu pembaca mencari tahu isi atau tujuan dari karya atau hasil pekerjaan yang diulasnya.

2. Tinjau karakteristik teks ulasan

  1. Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, interpretasi, evaluasi, dan ringkasan.
  2. Memuat informasi berdasarkan tampilan atau pendapat penulis tentang hasil pekerjaan atau produk.
  3. Pendapatnya didasarkan pada fakta-fakta.

3. Tinjau struktur teks ulasan

Struktur teks ulasan adalah aturan mengenai teks tinjauan sehingga menjadi teks utuh. Struktur teks tinjauan terdiri dari beberapa hal berikut:

1. Orientasi

Orientasi adalah bagian pertama atau utama yang menjelaskan terkait dengan deskripsi umum film, buku, lagu, ke sastra dan seni lain yang akan dibahas. Dalam bagian orientasi ini, ia akan memberikan penjelasan kepada pembaca terkait dengan apa yang akan dibahasnya.

2. Penafsiran

Penafsiran atau interpretasi adalah bagian yang berisi penjelasan terperinci tentang suatu karya yang ditinjau, misalnya, berisi bagian-bagian karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan lainnya.

3. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang isinya dalam bentuk pandangan dari penulis terkait perbaikan yang bisa dilakukan pada karya-karya yang akan ditinjau. Evaluasi ini dilakukan setelah pengulas melakukan interpretasi.

Di bagian evaluasi ini juga disebutkan bagian penting atau keuntungan dari pekerjaan dan kekurangannya.

4. Ringkasan

Ringkasan adalah bagian yang isinya merupakan kesimpulan dari ulasan pada suatu karya. Bagian ini mencakup komentar penulis, apakah karya atau hasil pekerjaan yang dilakukannya memiliki kualitas yang baik atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

4. Jenis teks ulasan

1. Teks ulasan informatif

Teks jenis ini merupakan sebuah karya atau produk yang dijelaskan dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca. Secara umum, jenis tinjauan teks ini hanya menjelaskan secara umum dengan bahasa yang pendek, padat, dan langsung.

Selain itu, teks ulasan informatif, biasanya berfokus pada kelebihan dan kekurangan karya atau produk.

2. Teks ulasan deskriptif

Objek dari teks ulasan deskriptif biasanya dalam bentuk sastra. Karya sastra memang membutuhkan ulasan yang berisi deskripsi yang jelas untuk dipahami sepenuhnya oleh pembaca.

3. Teks ulasan kritis

Jika suatu hasil pekerjaan seni atau produk ingin diberi kritik terhadap pandangan tertentu, teks ulasan ini adalah jawabannya. Dengan catatan, penulis sepenuhnya menggunakan daya analitis secara objektif, tidak subyektif. Artinya, teks dari tinjauan kritis tidak memihak pada siapa pun dan dapat digunakan sebagai referensi untuk pekerjaan atau produk tertentu.

Nah, itulah penjelasan yang dimaksud dengan teks ulasan dan beberapa pembahasan lainnya yang terkait dengan teks ulasan.