Jelaskan Unsur-Unsur Kebudayaan? Ini Jawabannya

Jelaskan unsur-unsur kebudayaan? Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan istilah budaya. Apakah, Indonesia yang merupakan negara kepulauan juga memiliki beragam kebudayaan yang terbentang dari Aceh hingga Papua. Memangnya apasih penjelasan mengenai kebudayaan dan apa saja unsur-unsur kebudayaan itu? Kebudayaan merupakan cara hidup yang telah tumbuh dan berkembang di sekelompok manusia. Kemudian, budaya akan diteruskan ke generasi.

7 Unsur-unsur kebudayaan

Budaya berasal dari pemikiran dan kegiatan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Untuk detail lebih lanjut, berikut ini merupakan 7 unsur-unsur kebudayaan yang harus kamu ketahui.

1. Bahasa

Seperti yang kamu ketahui, bahasa adalah alat bagi setiap manusia untuk berkomunikasi satu sama lain atau berinteraksi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan sosialnya.

Manusia yang mengembangkan kemampuan mereka dalam bahasa, mampu menciptakan pemahaman tentang fenomena sosial yang diungkapkan secara simbolis.

Jadi, dapat disimpulkan jika bahasa penting dalam menganalisis kebudayaan manusia. Pengucapan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh setiap manusia berbeda satu sama lain. Ini lah yang disebut dengan dialek atau aksen.

2. Pengetahuan

Sistem kedua yang diajukan oleh beberapa ahli dalam salah satu unsur-unsur kebudayaan adalah pengetahuan, arti pengetahuan masyarakat tentang sifat, kondisi geografis, flora dan fauna, waktu, sifat dan perilaku manusia.

Biasanya pengetahuan ini diperoleh dari pendidikan atau penyebaran informasi di komunitas masyarakat atau dengan yang lebih luas.

3. Masyarakat dan organisasi sosial

Apa yang dimaksud dengan masyarakat dan organisasi sosial dalam elemen ini, yaitu beberapa kelompok yang sengaja dibentuk oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sosial mereka.

Komunitas dan organisasi sosial juga mencakup beberapa sistem, termasuk sistem kekerabatan, asosiasi, dan banyak lainnya.

Dalam kehidupan kelompok masyarakat, hal ini telah diatur oleh aturan tertentu. Kelompok komunitas terdekat dan mendasar disebut dengan istilah kerabat.

Selanjutnya, setiap manusia akan diklasifikasikan sesuai dengan lokasi geografis atau tempatnya tinggal. Secara otomatis, kelompok ini disebut sebagai lingkungan bertetangga atau masyarakat.

4. Peralatan hidup dan teknologi

Manusia selalu berusaha agar bisa membuat hidupnya lebih mudah dengan menciptakan berbagai peralatan dan benda-benda tertentu.

Sebagai salah satu unsur budaya, teknologi juga merupakan cara masyarakat untuk dapat mengelola atau mengumpulkan berbagai bahan makanan dan kebutuhan yang digunakan dan bisa dimanfaatkan dalam kehidupan mereka.

5. Mata pencaharian

Selain menciptakan berbagai peralatan, manusia juga membutuhkan pekerjaan atau mata pencarian untuk mendapatkan barang atau jasa yang diperlukan.

Unsur ini masuk ke dalam sistem ekonomi, seperti memburu dan mengumpulkan makanan, pertanian, beternak, perdagangan, menangkap ikan dan banyak lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka.

6. Religi atau agama

Religi termasuk dalam unsur utama yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Dalam sistem ini ada tiga unsur yang harus dipahami.

Yaitu sistem upacara keagamaan, sistem kepercayaan diri, dan orang-orang yang percaya pada agama. Jadi dapat disimpulkan, jika agama adalah sistem yang menggabungkan praktik dan kepercayaan seseorang.

7. Seni dan kebudayaan

Seni dan kebudayaan adalah hasil dari pekerjaan yang diciptakan oleh manusia, hal ini juga terkait dengan seni. Di mana seni di sini mencakup beberapa hal, termasuk seni, musik, tari.

Budaya ini diproduksi oleh kelompok atau manusia yang memiliki nilai keindahan atau estetika. Budaya juga direalisasikan dengan mengekspresikan jiwa dalam bentuk seni.

Nah itulah beberapa penjelasan unsur-unsur kebudayaan dan pembahasan tentang masing-masing unsur.