Jelaskan Tujuan Terbentuknya ASEAN

Jelaskan tujuan terbentuknya asean? Association of Southeast Asian Nations( ASEAN) merupakan organisasi geo-politik serta ekonomi yang menghimpun negara- negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN dibangun pada bertepatan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok.

Pendiri ASEAN sendiri diantaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, serta Thailand. Organisasi ini disahkan lewat penandatanganan Deklarasi Bangkok yang dihadiri Adam Malik( Indonesia), Tun Abdul Razak( Malaysia), Narciso Ramos( Filipina), S. Rajaratnam( Singapore), serta Thanat Khoman( Thailand).

Deklarasi Bangkok yang dihadiri 5 negara pendiri tersebut juga memiliki tujuan lain. Berikut tujuan dibentuknya organisasi ASEAN:

ASEAN dibangun dengan mengedepankan beberapa asas dasar, seperti menjaga kedamain, keamanan, stabilitas serta kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Perihal tersebut bersumber pada suasana di kawasan Asia Tenggara di masa 1960-an yang rawan konflik karena adanya pengaruh pandangan hidup atau ideologi negara yang berbeda-beda.Apabila dibiarkan, hingga dapat saja mengusik stabilitas kawasan yang dapat membatasi pembangunan.

Lebih lanjut, berikut 7 penjelasan tujuan terbentuknya ASEAN

  1. Meningkatkan dan membangun perkembangan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan di kawasan tersebut, dengan cara melakukan berbagai usaha bersama dalam semangat kesamaan serta persahabatan sehingga hal itu bisa memperkokoh landasan bangsa-bangsa di Asia Tenggara dalam menjunjung masyarakat sejahtera dan damai.
  2. Tingkatkan perdamaian serta stabilitas regional dengan jalur menghormati keadilan serta menaati hukum di dalam ikatan antara negeri di kawasan ini dan mematuhi prinsip- prinsip Piagam Perserikatan Bangsa- Bangsa
  3. Meningkatkan berbagai kerja sama yang aktif serta saling tolong-menolong dalam memecahkan masalah- masalah yang terjadi demi kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, metode, ilmu pengetahuan serta administrasi
  4. Saling bekerja sama dan memberikan dorongan dalam hal riset pembelajaran, profesi, metode, serta administrasi
  5. Bekerja sama secara lebih efisien guna meningkatkan pemanfaatan pertanian serta industri, memperluas perdagangan serta pengkajian masalah-masalah komoditi internasional, meningkatkan sarana-sarana teknologi dan komunikasi, demin meningkatkan taraf hidup masyarakat negara anggota ASEAN
  6. Memajukan dan pengkajian berbagai masalah yang menimpa Asia Tenggara
  7. Memelihara kerja sama yang erat serta bermanfaat dengan bermacam organisasi internasional serta regional yang memiliki tujuan yang beragam, saling melindungi dan bekerja sama antar sesama negara anggota.

Nah, itulah beberapa jawaban dan penjelelasan mengenai tujuan terbentuknya ASEAN.