Jaringan yang Berfungsi untuk Mengedarkan Oksigen dan Zat Makanan pada Hewan Adalah?

Jaringan yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan pada hewan adalah – Semua makhluk hidup pasti membutuhkan oksigen untuk bernafas. Tak hanya oksigen, makhluk hidup juga membutuhkan zat makanan sebagai energi dan pendukung perkembangan tubuh sehingga tetap sehat dan bisa menjalankan berbagai aktivitas.

Pertanyaan yang kerap muncul terkait ini yaitu mengenai jaringan yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan pada hewan adalah jaringan? Jawaban dari pertanyaan ini yaitu:

Jaringan epitelium

Apa itu jaringan epitelium?

Jaringan epitelium adalah jaringan luar tubuh, biasanya melapisi permukaan tubuh bagian luar dan di dalamnya seperti rongga tubuh dan organ internal. Jaringan epitelium berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman mekanis lingkungan luar seperti goresan dan benturan benda keras. Selain itu, jaringan epitelium ini juga berfungsi mengangkut zat ke dalam dan ke luar tubuh.

Ketika mandi misalnya, kulit akan menyerap sedikit air untuk menjaga kelembaban, tetapi ketika cuaca panas kulit akan mengeluarkan air dengan berkeringat melalui pori-pori. Jaringan epitelium merupakan penerima rangsangan yang sensitif sehingga kamu dapat merasakannya ketika kulit tersentuh, ketika menyentuh es yang dingin, terkena api panas, bahkan merasakan sakit saat terluka.

Nah, itulah penjelasan jaringan yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat makanan pada hewan yang disebut jaringan epitelium.