Jaringan Tumbuhan yang Berfungsi untuk Menyimpan Bahan Makanan Cadangan Adalah?

Jaringan tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan cadangan adalah – Membahas tentang jaringan pada tumbuhan, tentu banyak pembahasan yang layak untuk dikaji lebih dalam. Secara garis besar, jaringan pada tumbuhan tentu tak sama dengan jaringan pada hewan. Jaringan tumbuhan merupakan sekumpulan sel yang memiliki fungsi khusus yang berfungsi dalam menyusun tubuh dan pertumbuhan pada tanaman atau tumbuhan.

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul yaitu apa sih nama jaringan tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan cadangan?

Nama jaringan tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan cadangan adalah jaringan parenkim

Apa sih jaringan parenkim itu?

Tumbuhan memiliki beberapa jaringan yang tersusun atas jaringan sel-sel. Salah satu jaringan tersebut adalah jaringan parenkim. Fungsi jaringan ini yaitu untuk menyimpan cadangan makanan dalam plastida. Parenkim juga berperan sebagai pengangkut dan mendistribusikan zat pada tumbuhan.

Jaringan parenkim merupakan jaringan dasar pembentuk tubuh pada tumbuhan. Jaringan ini memiliki sel-sel bulat dengan dinding tipis. Jaringan ini juga bisa ditemui atau terdapat di semua bagian tumbuhan.

Sel-sel yang ada pada jaringan parenkim tidaklah terspesialisasi. Dengan kata lain, jaringan ini dapat beradaptasi fungsinya sesuai dengan tempat atau lokasi dimana jaringan ini berada. Bisa dibilang,  jaringan parenkim memiliki banyak fungsi penting.

Dari susunannya sendiri jaringan parenkim terdiri atas beberapa sel-sel renggang dan memiliki banyak ruang dari masing sel-sel tersebut. Ruang antar sel inilah yang memungkin fungsi transport atau distribusi gas pada jaringan parenkim berlangsung.

Nah, itulah penjelasan mengenai jaringan tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan cadangan atau jaringan parenkim.