Jaring Jaring Makanan dalam Suatu Ekosistem Hutan akan Terganggu, Jika?

Jaring jaring makanan dalam suatu ekosistem hutan akan terganggu jika – Hutan merupakan tempat tinggal bagi banyak hewan dan tumbuhan. Tak heran, hutan menjadi ekosistem penting bagi berbagai makhluk hidup tersebut. dalam sebuah ekosistem, tentu akan terbentuk jaring-jaring makanan yang merupakan kumpulan dari beberapa rantai makanan. Nah, jaring-jaring makanan yang ada di hutan akan terganggu jika ekosistem hutan mengalami kerusakan. Salah satunya karena penebangan hutan.

Jadi, jaring jaring makanan dalam suatu ekosistem hutan akan terganggu jika terjadi penebangan hutan.

Penebangan hutan

Penebangan hutan terutama penebangan liar akan mengurangi jumlah pohon sebagai produsen utama dalam rantai makanan. Hal ini bisa mempengaruhi keberlangsungan konsumen dalam rantai makanan karena kekurangan makanan.

Jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan. Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan dalam ekosistem.

Ekosistem hutan akan terganggu jika ada penebangan besar-besaran. Penebangan liar akan mengurangi jumlah pohon sebagai produsen dalam rantai makanan sehingga konsumen dalam rantai makanan akan kekurangan makanan. Jika produsen berkurang, komponen konsumen primer, konsumen sekunder dan konsumen di bawahnya juga akan saling mempengaruhi.

Di beberapa daerah, kondisi ini membuat hewan hutan sulit mencari makanan di hutan dan turun ke lahan pertanian di sekitar hutan. Sehingga bisa merusak pertanian, bahkan mencari makanan di daerah perumahan

Dampak lain yang terjadi jika ada pembalakan liar, yaitu hewan akan kehilangan habitat sehingga otomatis menyerang area di sekitar hutan. Ekosistem yang tidak seimbang juga dapat disebabkan oleh bencana alam seperti letusan gunung, banjir bandang, tanah longsor, kebakaran hutan dan sebagainya. Bencana alam ini secara alami dapat terjadi karena tindakan manusia.