Apakah yang Dimaksud dengan Lingkungan

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan? Lingkungan adalah semua kesatuan yang mencakup komponen biotik dan abiotik, seperti tanah, air, energi surya, mineral dan makhluk hidup yang terkandung di dalamnya, termasuk tanah dan lautan, di mana lingkungan ini dapat memengaruhi perkembangan kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Lingkungan sendiri merupakan tempat tinggal makhluk hidup, mulai dari mikroskopis hingga manusia.

Jika kamu bertanya mengenai apa yang dimaksud dengan lingkungan, maka jawaban yang muncul akan beraneka ragam, tergantung perspektif dari mana kamu melihatnya. Memangnya, apa sih lingkungan itu? Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Lingkungan dibagi menjadi dua yaitu lingkungan alami dan lingkungan buatan.

Pengertian lingkungan alami dan buatan

Lingkungan alami terdiri dari elemen biotik dan abiotik yang terbentuk melalui proses alami. Elemen biotik adalah elemen yang terdiri dari makhluk hidup, sementara elemen abiotik adalah elemen yang tidak hidup. Contoh elemen biotik di lingkungan adalah hewan, tanaman, dan mikroorganisme. Pasangan abiotik adalah air, tanah, udara, angin, dan sinar matahari.

Lingkungan alami dibagi menjadi lingkungan tanah dan air yang keduanya diciptakan secara alami. Jadi, bendungan, kolam renang, perumahan, pedesaan, peternakan, dan daerah perkotaan tidak termasuk dalam lingkungan alam karena mereka dibuat oleh manusia. Kebun binatang adalah lingkungan buatan, sedangkan habitat orangutan di hutan Kalimantan adalah lingkungan alami. Kolam ikan di rumah kamu bukanlah lingkungan alami, tetapi danau adalah lingkungan alami.

Pengertian lingkungan daratan dan lautan

Lingkungan tanah termasuk gunung, bukit, padang rumput, gurun, lembah, dan hutan merupakan lingkungan darat alami. Selain lingkungan tanah, lingkungan gunung juga termasuk lingkungan alami. Lingkungan gunung adalah lingkungan yang terdapat di area di pegunungan, baik itu pegunungan tidak aktif, gunung berapi, dan pegunungan berlapis es. Lingkungan ini selalu dalam kondisi geografis tinggi, suhu rendah, dan tingkat oksigen yang juga rendah.

Lingkungan air mencakup 71 persen permukaan bumi, dengan perincian 3,5 persen dari lingkungan air tawar dan 96,5 persen lingkungan air asin. Lingkungan air tawar termasuk danau, rawa, sungai, air terjun, jeram dan oasis. Sementara lingkungan air asin meliputi danau air asin, laut, selat, palung, gletser, dan lapisan salju permanen.