Apa yang Dimaksud dengan Jaring-Jaring Makanan?

Apa yang dimaksud dengan jaring jaring makanan? Meskipun terlihat mirip, jaring-jaring makanan sebenarnya berbeda dari rantai makanan. Pada dasarnya, rantai makanan sebenarnya merupakan bagian dari jaring makanan. Lantas, apa yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan? Nah, sebelum membahas itu kita akan membahas terlebih dahulu mengenai rantai makanan.

Rantai makanan itu sendiri adalah serangkaian proses makan memakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu. Proses ini melibatkan peran produsen, konsumen, dan pengurai atau pengurai dekomposer.

Lantas, apa yang dimaksud dengan jaring jaring makanan?

Jaring-jaring makanan adalah kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam ekosistem. Jaring-jaring makanan menunjukkan hubungan proses makan memakan yang dilakukan untuk kelangsungan makhluk hidup di populasi tersebut.

Secara garis besar, organisme dalam rantai makanan memiliki satu makanan yang dipilih. Sementara itu, organisme pada jaring makanan memiliki beberapa jenis organisme lain yang dapat dimakan.
Jaring-jaring makanan memiliki fungsi tertentu, yaitu menjelaskan interaksi langsung antara spesies sehingga hubungan antara spesies dibedakan berdasarkan spesies basal, peralihan, hingga predator puncak.

Nah, berikut adalah contoh jaring makanan

  1. Zooplankton bisa memakan fitoplankton. Zooplankton sendiri dapat dimakan oleh berbagai makhluk seperti udang, salmon dan gurita. Di sisi lain, udang, salmon dan gurita juga dapat dimakan oleh paus dan hiu. Kemudian, paus mati dan hiu akan diuraikan oleh bakteri di laut.
  2. Tupai dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti buah dan biji-bijian. Sementara itu, tupai dimakan oleh rubah. Di satu sisi, rubah juga bisa memakan tikus dan serangga.

Nah, itulah penjelasan apa yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan dan perbedaannya dengan rantai makanan.