Apa Fungsi Jaring-Jaring Makanan di Dalam Sebuah Ekosistem

Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem – Seperti penjelasan sebelumnya, cakupan jaring-jaring makanan memiliki cakupan lebih luas dibanding rantai makanan. Pada dasarnya, jaring-jaring makanan mencakup dalam satu ekosistem. Nah kira-kira, apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem?

Sebelum membahas fungsi dari jaring-jaring makanan, kamu harus memahami terlebih dahulu sedikit penjelasan mengenai tujuan pengelompokan pada jaring-jaring makanan.

Jaring-jaring makanan sendiri memang dibuat agar kamu lebih mudah memahami dan menggambarkan rantai makanan antar spesies dalam suatu komunitas atau ekosistem.

Jadi, dalam satu jaring-jaring makanan terdapat beberapa rantai makanan. Lantas, apa sih fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem.

Fungs jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem

  1. Jaring-jaring makanan memiliki fungsi untuk mempermudah dan menyederhanakan ketika kamu ingin memahami hubungan antar spesies.
  2. Jaring-jaring makanan juga berfungsi untuk menggambarkan interaksi secara langsung antar spesies, sehingga kamu lebih mudah membedakan antar spesies basal (autotrof, seperti tanaman), spesies perantara (herbivora dan karnivora tingkat menengah, seperti belalang dan kalajengking), dan spesies puncak atau predator (karnivora tingkat tinggi).
  3. Jaring-jaring makanan berfungsi untuk mempermudah kamu dalam mempelajari kontrol atas ke bawah, ataupun kontrol bawah ke atas dalam suatu struktur atau bentuk komunitas dari ekosistem.

Dengan memahami jaring-jaring makanan, maka kamu akan lebih mudah mempelajari tentang interaksi spesies tersebut dan apa saja jenis masing-masing spesies. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem